3 Faktor Pendukung Inovasi Pendidikan Untuk Kemajuan Bangsa

17
Faktor Pendukung Inovasi Pendidikan

Inovasi merupakan suatu usaha dalam menemukan suatu ide dari setiap permasalahan yang dihadapi oleh kelompok tertentu. Dengan inovasi tersebut dapat dilakukan dengan cara mengamati suatu permasalahan yang ada. Begitupun dengan inovasi terhadap bidang pendidikan yang sekarang ini diperlukan untuk kemajuan suatu bangsa. Inovasi dalam pendidikan tidak dapat berdiri sendiri dalam menciptakan sebuah ide.

Diperlukan beberapa elemen yang mendukung dalam inovasi pendidikan ini seperti guru, siswa, inovator pendidikan dan pemerintah. Sekarang ini inovasi yang berupa top down model tidak selamanya berhasil didalam pendidikan era modern ini. Hal itu dikarenakan tidak adanya keselarasan antara perencanaan dan pelaksanaan yang tidak melibatkan guru sebagai inisiator.

Sedangkan dengan inovasi bottom up model sampai sekarang masih berjalan. Karena para pelaksana dan para perencanaan pendidikan ikut terlibat dalam proses inovasi pendidikan. Sehingga pendidikan yang direncanakan dapat berjalan sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, sebagai sebaiknya berbagai pihak mendukung untuk terciptanya pendidikan yang berkualitas untuk keberhasilan anak didik di sekolah.

Motivasi untuk dapat mensukseskan inovasi pendidikan dapat diperoleh dari beberapa sumber seperti sekolah dan adanya usaha untuk memecahkan masalah yang terjadi pada masyarakat itu sendiri. Maka dari itu diperlukan diperlukan beberapa faktor pendukung inovasi pendidikan yang dapat menunjang keberhasilan inovasi pendidikan :

1.Kegiatan Belajar Mengajar

Faktor pertama yang dapat mendukung suatu inovasi pendidikan adalah kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini menjadi salah satu keberhasilan guru dalam tenaga profesional. Guru dalam peran ini diperlukan sebagai perantara ilmu yang akan disampaikan kepada siswanya. Selain itu, guru juga diberikan wewenang untuk dapat menciptakan kegiatan mengajar yang sesuai dengan kebutuhan anak didiknya.

2.Internal dan Eksternal

Selain dari faktor kegiatan belajar mengajar. Ada cara lain untuk dapat membuat inovasi berhasil seperti faktor internal dan eksternal. Faktor ini dapat mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menyerap ilmu yang diperoleh. Beberapa faktor internal yang perlu diperhatikan seperti guru, kurikulum, siswa dan fasilitas sekolah yang memadai.

Dengan adanya faktor pendukung tersebut dapat menjadikan keberhasilan inovasi pendidikan. Khususnya kurikulum pendidikan yang saat ini masih belum sesuai dengan kriteria pendidikan yang ada di Indonesia. Sebab kurikulum menjadi salah satu acuan terhadap keberhasilan terciptanya inovasi pendidikan yang berkualitas dan memadai.

3.Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan menjadi fakta penting untuk mencapai inovasi pendidikan yang mumpuni. Penanggung jawab sistem pendidikan dipegang sepenuhnya oleh Pemerintah. Disamping itu, Pemerintah selayaknya harus memperhatikan sistem pendidikan yang sekarang berjalan belum pada koridornya.

Dengan Pengelolaan yang ada pada Pemerintah sebaiknya sistem pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Agar siswa dapat berkembang dengan tuntutan zaman yang semakin maju. Dan dapat bersaing di internasional sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang bermanfaat dan dapat membantu pembangunan yang ada pada dalam negeri itu sendiri.