3 Fakta Menarik Marcus Fernaldi Gideon yang Harus Kamu Tahu

4

Bagi penggemar bulu tangkis Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Marcus Fernaldi Gideon. Yap salah satu atlet kebanggaan Indonesia ini berhasil mencetak prestasi yang luar biasa di sektor olahraga bulu tangkis spesialis ganda putra.

Dalam beberapa tahun terakhir hingga sekarang, olahraga bulu tangkis Indonesia selalu bertumpu dengan sektor ganda putra di berbagai jenis turnamen internasional. Tidak hanya bertumpu terhadap pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, kini Indonesia memiliki dua pasang ganda putra terbaik lainnya yaitu pasangan legendaris Mohammad Ahsan / Hendra Setiawan, serta pasangan rising star yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Kali ini kita akan membahas tentang Marcus Fernaldi Gideon dan beberapa hal menarik yang perlu para penggemarnya ketahui. Marcus Fernaldi Gideon, putra Jakarta kelahiran tahun 1991 ini berhasil meraih tahta tertinggi yaitu ranking satu dunia dalam waktu yang cukup lama. Simak fakta menarik lainnya dibawah ini ya.

1. Pernah Menjadi Atlet Tunggal Putra

Saat awal – awal karirnya, Marcus sebenarnya pernah menjajal karir di dunia bulu tangkis sebagai atlet tunggal putra. Dalam sektor ini, Marcus sudah memperlihatkan skill yang mumpuni. Terbukti dia bahkan pernah meraih gelar juara di nomor tunggal putra saat ajang Victorian International. Ia berhasil mengalahkan lawannya dengan rubber game yaitu 17 – 21, 21 – 8, dan 21 – 15 atas pembulu tangkis Australia, Joe Wu.

Sementara itu, di sektor tunggal putra, ranking terendah yang pernah Marcus raih adalah menempati posisi 994 dunia. Posisi ini ia tempati pada periode tanggal 22 Januari 2015. Kemudian, ranking tertinggi yang berhasil ia raih adalah menempati posisi 863 dunia di tanggal 9 Juli 2015.

2. Pernah Menjadi Atlet Ganda Campuran

Fakta menarik selanjutnya adalah ternyata Marcus juga pernah bermain di sektor ganda campuran. Di sektor ini, Marcus di ketahui berganti pasangan main selama empat kali. Dimana sebelumnya ia pernah dipasangkan oleh Rizki Amelia Pradipta, Nitya Krishinda Maheswari, Aprilsasi Putri, serta atlet putri yang berasal dari Bulgaria, Gabriela Stoeva.

Gabriel Stoeva menjadi satu – satunya atlet di nomor ganda campuran yang berasal dari luar negeri dan sempat dipasangkan dengan  Marcus. Sementara itu, selama berada di sektor ganda campuran, bersama dengan Rizki Amelia Pradipta, Marcus pernah meraih ranking tertinggi. Saat itu ia berhasil menduduki posisi ke-61.

3. Gelar Pertama

Sebelum dipasangkan dengan Kevin Sanjaya dan berhasil menyabet berbagai gelar juara bergengsi, Marcus seringkali dipasangkan dengan berbagai atlet lainnya. Saat dimana awal – awal Marcus bermain di sektor ganda putra, ia berhasil meraih gelar perdananya. Saat itu ia berhasil mengalahkan patnernya saat ini yaitu Kevin Sanjaya di babak final.

Pertandingan final tersebut terjadi di tahun 2011. Mereka bertemu sebagai lawan pada turnamen Singapore International. Saat itu, Marcus berpasangan dengan Agripina Prima Rahmanto. Di babak final ia harus melawan pasangan Indonesia lainnya yaitu Kevin Sanjaya / Lukhi Apri Nugroho. Dan pertandingan ini dimenangkan oleh pasangan Marcus / Apri dengan straight game dan skor 21 – 17 dan 21 – 9.

Sampai saat ini, pasangan Marcus/Kevin belum terkalahkan dan masih menempati posisi pertama dunia sejak 28 September 2017 lalu. Ini juga disebut memecahkan rekor BWF sebagai pemegang rekor terlama untuk sektor ganda putra.