3 Cara Praktis Mengecas Aki Mobil yang Jarang Diketahui

21
Cara mengecas aki
Aki saat di cas

Aki menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari peran sebuah kendaraan. Terutama mobil yang sangat tergantung terhadap peran aki. Alat yang berisikan cairan yang dapat menghasilkan listrik ini sangatlah berguna untuk membantu menghidupkan kembali mesin mobil yang asalnya tidak dapat hidup kembali.

Kerap kali terjadi mobil yang tidak bisa hidup karena kehabisan daya yang ada pada aki. Aki sendiri mempunyai dua jenis yang pertama itu aku jenis basah dan kedua aki jenis kering. Aki kering dirasa cukup banyak digunakan karena mempunyai keunggulan dalam performnya yaitu lebih tahan lama.

Kapasitas aki juga dipengaruhi terhadap perawatannya. Sebab, aki gampang sekali habis jika terus menerus digunakan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, diperlukan suatu cara untuk bisa menghidupkan kembali aki yang mati.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan jika mengalami kondisi aki mati yaitu dengan menggunakan charger untuk mengecas aki. Mengecas Aki bagi yang sudah handal dan sudah mengerti tentu tidaklah terlalu sulit.

Namun, kalau anda belum mahir dalam mengecas aki maka yang terjadi aki itu tidak akan hidup dan malahan membuat kornslet. Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan sebaik anda mulai sekarang perhatikan bagaimana cara mengecas aki.

Dengan cara memperhatikan caranya nantinya anda tidak perlu membawa mobil anda ke bengkel. Dan anda tidak perlu bingung mengeluarkan uang yang banyak untuk keperluan perbaikan aki.

Untuk itu diperlukan cara-cara dalam mengecas aki supaya kita tidak salah langkah. Berikut ini ada beberapa tips dan trik menarik agar dapat mengecas aki dengan baik dan benar yang bisa anda lakukan dirumah :

1. Buka Tutup Aki

Sebelum mengecas sebuah aki sebaiknya lepas dahulu penutup pada aki tersebut. Hal ini berguna untuk mengetahui sebanyak apa air aki yang terdapat pada tempat aki. Jika air aki berkurang maka bisa isi kembali air aki tersebut dengan air suling.

Untuk membuat air aki tetap ada saat mengecas isilah air sebanyak 1/3 dari batas ketinggian air aki. Karena biasanya ketika mengecas air pada elemen di aki ini bisa mempengaruhi volume air aki yang akan diisi.

2. Lepas Aki Dari Mobil

Dalam mengecas sebuah aki hal yang perlu anda perhatikan adalah dengan melepas aki tersebut sebelum mengisi ulang dayanya. Melepaskan aki dari mobil sangatlah penting karena dapat memberi keamanan dalam mobil tersebut dan terhindar dari korsleting.

Ketika mengisi daya aki seringkali air akan keluar dengan cara menyipratkan ke luar tempat aki. Sehingga dengan cipratan itu bisa berbahaya bagi anda maupun mobil anda. Dengan melepaskan aki saat mengecas bisa dikatakan menjadi langkah tepat untuk menjaga agar tidak terjadi apa-apa.

3. Pasanglah Kabel Ke Aki

Setelah melepaskan aki dari mobil langkah selanjutnya yaitu dengan memasang kabel charger pada aki tersebut. Anda bisa memulai memasang kabel dari kutub positif dan dilanjutkan kutub negatif. Lalu sehabis terpasang cek dahulu apakah penjepit yang ada pada kabel tersebut sudah kencang atau masih kendor.

Nah guys, mudah bukan cara mengecas akinya? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.