3 Cara Perawatan Mobil Avanza untuk Para Pecinta Otomotif

18

Mobil merupakan salah satu transportasi yang penting bagi kehidupan manusia bahkan hampir setiap orang memiliki impian untuk membeli mobil yang diimpikan. Jenis mobil yang banyak diimpikan berbagai kalangan masyarakat adalah mobil keluarga, mobil MPV yang terlaris setiap tahunnya adalah mobil Toyota Avanza.

Siapa yang tidak kenal dengan Avanza? Mobil sejuta umat ini menjadi mobil paling digemari oleh konsumen tanah air. Avanza ialah mobil yang diproduksi oleh pabrikan Toyota. Mobil avanza yang pertama diluncurkan di tahun 2003 dan terjual 100.000 unit pada tahun tersebut. Dengan daya tampung penumpang yang banyak, desain eksterior dan interior yang mewah serta kenyamanannya membuatnya menjadi salah satu mobil pilihan keluarga mas kini.

Dengan kelebihan yang ditawarkan oleh Avanza, akan sangat disayangkan jika mobil ini tidak dirawat dengan baik dan benar. Perawatan mobil ini sebenarnya tidaklah sulit asalkan dilakukan secara rutin guna menghindari masalah yang fatal. Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat mobil Avanza dengan tepat :

1. Perawatan Mesin

Mesin merupakan komponen vital yang berfungsi menggerakkan kendaraan sehingga harus diperiksa kondisinya secara rutin misalnya terminal aki yang perlu dibersihkan, mengendur atau berkarat. Kemudian injektor bahan bakar, serta jarak kepala pada sumbu busi. 

Karena mesin adalah bagian yang sangat penting, maka jangan lupa memanasi mesin kendaraan 10-15 menit sebelum digunakan. Hal ini bertujuan agar oli mesin dapat bekerja secara maksimal.

Selain itu, Anda juga harus mengganti oli mesin secara rutin dan pastikan menggunakan oli yang berkualitas. Oli yang mempunyai kualitas bagus akan membantu memperpanjang mesin mobil. Ingat juga membersihkan filter udara secara rutin. Filter udara yang kotor akan menghambat performa mobil Anda, apalagi jika kotoran udara masuk ke dalam mesin maka akan membuat mesin mobil cepat rusak.

Periksa kondisi aki mobil mobil secara rutin. Jika aki tekor maka mesin mobil tidak akan menyala. Periksa air radiator secara rutin apakah sudah sesuai dengan volume di dalamnya. Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mobi agar mobil tidak terlalu panas (overheating). Isikan air radiator diantara full dan low.

2. Penggantian Komponen Secara Rutin

Pada mobil avanza ada beberapa komponen yang perlu diganti secara rutin diantaranya :

  • Sistem bahan bakar setelah menempuh jarak 1000 km
  • Oli mesin (API SL) 10.6
  • Oli transmisi manual
  • Oli roda gigi
  • Minyak rem
  • Timing belt tipe EJ-VE 95.60
  • Filter oli atau saringan pada oli mesin
  • Coolant atau pendingin mesin
  • Sistem pengapian pada mesin kendaraan
  • Filter bahan bakar atau saringan bahan bakar
  • Pada baterai, lakukan pengecekan rutin cairan aki pada accumulator.

3. Bersihkan Bagian Interior dan Eksterior

Membersihkan bagian eksterior secara rutin membuat mobil Anda terlihat bersih dan berkilau. Cucilah mocil Anda seminggu sekali dengan busa, kanebo atau kain agar tidak tergores. Saat mencuci mobil pastikan mobil dalam keadaan dingin karena jika panas maka akan timbul bercak-bercak pada mobil. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ban mobil. Jangan lupa untuk mengecek volume angin ban saat akan berkendara dan gantilah ban luar mobil setelah berkendara sejauh 50.0000-80.000 km, ban yang sudah aus akan membahayakan pengemudi.

Selain eksterior, interior mobil juga perlu dibersihkan. Anda dapat membersihkan kotoran di sudut-sudut mobil dengan vacuum cleaner. Jika kursi, kabin atau yang lainnya berdebu, bisa dibersihkan dengan lap yang sudah dibasahi air.

Setelah bagian dalam mobil dibersihkan akan lebih baik jika dibiarkan kering sendiri dengan cara dijemur. Pastikan jika kondisi mobil benar-benar kering agar tidak berjamur. Itulah cara-cara yang dapat dilakukan untuk merawat mobil Toyota Avanza sejak awal untuk mencegah mobil tersebut rusak atau bermasalah.