3 Cara Merawat Wiper Mobil Untuk Kenyamanan Anda

9
Cara merawat wiper mobil
Wiper mobil

Bagi anda yang memiliki sebuah mobil pastinya tidak ingin kotor pada bagian kaca mobil bagian depan. Untuk itu di bawah kaca mobil biasanya tersedia beberapa alat yang digunakan sebagai penyapu debu atau air yang terdapat pada bagian kaca. Bagian dibawah mobil ini disebut dengan Wiper. Wiper ini mempunyai fungsi membersihkan kotoran yang ada pada bagian mobil di kaca depan maupun kaca belakang.

Wiper sendiri sangat penting sekali dalam keadaan hujan ataupun debu yang sangat tebal. Dalam keadaan hujan wiper dapat berperan membersihkan hujan dari air yang menempel pada kaca mobil bagian depan. Sehingga anda dengan mudah untuk melihat ketika hujan melanda dan saat anda di mobil dalam keadaan hujan.

Namun, kadangkala wiper pada mobil kurang terawat dan membuat wiper tidak bisa digunakan dengan baik. Salah satu kerusakan yang biasanya terjadi pada wiper adalah bunyinya yang sangat melengking dan sangat menggangu. Kerusakan ini sering terjadi saat musim yang tidak menentu seperti musim pancaroba.

Hal ini dapat mengakibatkan kondisi wiper dalam kondisi kurang bagus untuk digunakan. Bagian wiper yang sering berbunyi dan rusak adalah bagian karet. Karet yang ada pada wiper akan mengeluarkan suara dan kadang karet tersebut bisa juga terlepas dari wiper.

Untuk itu wiper yang digunakan pada mobil hendaknya selalu dalam kondisi basah. Jangan sampah kering agar tidak terjadi suara yang tidak enak. Dibawah ini ada beberapa cara merawat wiper mobil anda supaya dapat lebih nyaman digunakan saat mobil berjalan :

1.Cek Wiper

Langkah pertama yang bisa anda gunakan dalam melihat kondisi wiper anda baik atau buruk. Anda sebaliknya cek terlebih dahulu wiper yang akan digunakan. Apabila dibagian wiper tersebut terjadi kerusakan pada karet wiper maka anda harus mengganti karet jika sudah rapuh atau akan lepas karet wipernya. Disarankan bagi anda untuk mengganti wiper yang baru atau karet wiper yang baru.

2. Membersikan Wiper

Selanjutnya setelah mengecek kondisi wiper mobil anda. Lalu yang dilakukan adalah dengan melakukan pembersihan pada bagian wiper. Dalam membersihkan wiper jangan sekali-kali membersikan dibagian pinggir karet wiper. Karena, saat karet wiper dibersihkan membuat komponen yang ada pada karet wiper itu menghilang. Alhasil membuat kaca mobil anda kurang bersih dan tidak tahan terhadap cuaca.

3. Perhatikan Semprotan Air Wiper

Disamping perlu memperhatikan karet wiper, anda juga harus memperhatikan semprotan yang ada pada air wiper. Pastikan air semprotan wiper mobil anda selalu lancar dan pastikan arah semprotannya sesuai degan yang anda inginkan. Namun, jika air wiper kurang berfungsi dengan baik maka anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan jarum pentul untuk memperbaiki wiper tersebut.

Alternatif lain jika anda kebingungan lepaslah wiper tersebut dari kaca bagian depan mobil. Dengan cara ini memudahkan anda untuk bisa memasang wiper mulai dari awal.