3 Cara Mengobati Sakit Perut Mencret Paling Jitu

8
Cara Mengobati Sakit Perut Mencret
Orang sakit perut

Seringkali manusia mengalami beberapa kondisi penyakit yang tidak terduga. Seperti terjadi gangguan pencernaan yang dialaminya oleh tubuh kita. Gangguan pencernaan sering dialami oleh kebanyakan orang dikarenakan adanya sesuatu kuman yang terjadi didalam usus seseorang.

Salah satu gangguan pencernaan yang biasa terjadi adalah mencret. Mencret atau disebut pula diare merupakan penyakit gangguan pencernaan yang terjadi pada tubuh seseorang. Biasanya mencret membuat tubuh kita kehilangan cairan yang berlebihan. Sehingga tubuh merasa lemas karena cairan yang dikeluarkan begitu banyak. Untuk kondisi yang parah sendiri dapat mengakibatkan dehidrasi pada tubuh penderita.

Dan diare ini dapat mengindikasikan bahwa penderita mengalami gangguan pencernaan yang serius dan harus dibawa segera ke dokter. Namun, sebagai cara untuk mengobati sakit perut ini jika terjadi diare dibutuhkan beberapa obat yang bisa membantu menyembuhkan penyakit diare ini. Dibawah ini ada beberapa cara untuk mengobati sakit perut mencret yang diambil dari dari beberapa sumber. Simak ulasannya berikut ini :

1.Cairan Oral

Cairan dehidrasi oral ini mengandung elektrolit yang dapat berguna sebagai energi bagi tubuh jika terkena penyakit. Cairan yang biasanya dikenal oleh kita yaitu oralit. Beberapa jenis cairan ini direkomendasikan oleh dokter sebagai cairan penghancur makanan ditubih kita. Pemberian cairan oralit ini diberitahukan setiap satu gelas saat mencret melanda tubuh anda. Lalu diselingin minum air putih sebanyak minimal 1,5 liter per hari.

Bagi penderita ginjal sendiri penggunaan oralit ini sebaiknya dibatasi agar tidak terjadi sesuatu hal pada ginjal. Lebih baik sebelum minum oralit bagi penderita ginjal konsultasikan dengan dokter di rumah sakit. Obat oralit sendiri dapat dibeli di apotek terdekat di daerah anda.

2. Jahe

Bukan hanya obat medis saja yang dapat menyembuhkan sakit mencret ini. Ada beberapa obat alternatif lainnya yaitu jahe. Tumbuhan jamu-jamuan ini dipercaya sebagai obat diare yang alami bagi tubuh seorang penderita diare. Jahe merupakan tumbuhan yang mempunyai antibiotik alami dan dapat mencegah bakteri seperti E.Coli dan salmonella. Disamping itu, jahe juga dapat mengurangi mual dan kram pada tubuh.

3. Yoghurt

Minuman yang diperoleh dari fermentasi ini ternyata juga bisa digunakan sebagai penyembuh diare. Probiotik didalamnya berfungsi sebagai pelindung pencernaan yang terjadi pada tubuh. Beberapa kandungan yang ada pada di Yoghurt ini diantaranya Bifidobacterium bifidum, Lactobacillus acidophilus, and Saccharomyces boulardii. Jadi, yoghurt sangat berguna menghilangkan bakteri jahat yang ada di usus halus maupun usus besar.

Beberapa faktor yang biasanya menyebabkan terjadinya diare. Mulai dari infeksi virus, salah obat , pola makan yang tidak teratur dan masuk angin. Berdasarkan durasinya diare dapat dibedakan menjadi dua jenis yang pertama diare akut dan diare kronis. Kalau diare akut terbilang cukup tidak berbahaya karena anda hanya mengalami satu sampai dua hari diare.

Dan diare ini disebabkan oleh keracunan dan kesalahan makan. Sedangkan untuk diare kronis tentunya sangat berbahaya bagi tubuh penderita. Karena diare kronis bisa berlangsung selama 14 hari atau lebih.