3 Cara Menghilangkan Goresan Di Mobil Dengan Cepat

15

Banyak hal yang dapat membuat mobil tergores. Entah karena benturan atau karena usia pemakaian mobil yang sudah lama. Dengan adanya goresan pada mobil, akan memunculkan bentuk fisik mobil menjadi kurang baik untuk dipandang. Jika goresan di bodi mobil masih terbilang ringan, maka masih dapat disamarkan atau dihilangkan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan goresan di bodi mobil, seperti menggunakan wax, coumpound, scratch remover, amplas, sabun, hingga kuteks sekalipun. Tidak perlu pergi ke bengkel, dapat dilakukan seorang diri di rumah. Lalu, bagaiman cara menghilangkannya?

Pertama-tama dan yang paling utama adalah mengecek goresan di bodi mobil. Apabila goresan tersebut tidak dalam, dapat dengan mudah dihilangkan. Untuk mengetahui seberapa parah goresan, dapat dilakukan dengan cara mengecek kedalaman goresan.

Bila pada goresan terlihat sampai terlihat warna perak khas besi atau logam, maka goresan bisa dikatakan sulit untuk diperbaiki sendiri. Lantas, bagaimana jika goresan ringan? Nah, berikut ini ada tips cara menghilangkannya sendiri:

  • Menggunakan Kompon

Jika goresan pada bodi mobil masih terbilang ringan, maka bisa dihilangkan dengan memoles bagian menggunakan kompon. Kompon adalah bahan kimia dalam bentuk krim. Kompon dapat dibeli di toko-toko aksesoris ataupun perkakas otomotif. Kompon berfungsi untuk mengikis cat di sekitar goresan, sampai goresan menghilang dan tertutup oleh cat di sekitarnya.

Bagaimana cara menggunakannya? Pertama, bersihkan terlebih dahulu permukaan mobil yang terkena goresan dengan menggunakan air untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel. Kemudian, lap permukaan mobil yang diberi air tadi menggunakan kain lap microfiber.

Setelah itu, poles bagian tadi menggunakan kompon. Ingat, poleslah dengan cepat supaya tidak lekas mongering. Soalnya, jika telah mengering, bekas kompon yang menempel akan sulit dibersihkan dan bisa menjadi bercak. Perlu diperhatikan juga, ketika memoles mobil, jangan terlalu ditekan agar cat tidak banyak terkikis dan menjadi belang.

  • Memakai Scratch Remover

Selanjutnya adalah menyamarkan goresan menggunakan scratch remover. Scratch Remover berbentuk cairan ajaib yang tentunya busa anda jumpai di toko aksesoris mobil. Penggunaannya sendiri sangatlah simple, hanya dengan mengoleskan pada bagian yang tergores dengan menggunakan jari tangan pada bodi mobil hingga merata. Sesudah itu, gosok bagian yang sudah dioles menggunakan kain microfiber, tekan secara perlahan-lahan.

  • Memakai Obat Nyamuk

Menghilangkan goresan pada mobil dengan menggunakan lotion obat nyamuk dapat dilakukan apabila dalam kondisi darurat. Ini dapat digunakan jika tidak menemukan kompon. Soalnya, lotion sendiri memiliki sifat zat yang sangat keras terhadap cat.

Cara pemakaiannya terbilang mudah, cukup oleskan ke bagian yang tergores dan tunggu sekitar 10-20 detik. Setelahnya, gunakan air untuk membasuh goresan yang telah dioleskan dan keringkan. Sebenarnya, penggunaan lotion tidak dianjurkan karena dapat merusak kualitas cat dan hasilnya bisa buram, serta memudar.

Itulah 3 cara menghilangkan goresan pada mobil yang sangat ampuh dan tidak mengeluarkan kocek cukup banyak. Hanya dengan beberapa bahan yang sangat mudah ditemukan dengan harga yang cukup murah.