3 Cara Mengecat Dinding Bermotif Kayu yang Mudah Dipraktekkan

79

Rumah merupakan salah satu aset pokok yang perlu dimiliki oleh manusia. Dalam kebutuhan manusia, rumah digunakan sebagai papan atau tempat tinggal untuk berteduh dari sinar matahari dan hujan. Untuk menciptakan suasana nyaman, kita bisa menghias rumah dengan cara mengecat dinding dengan motif-motif tertentu, seperti motif garis, motif polkadot atau pun motif kayu. Dinding bermotif kayu memberikan nuansa alami dan menyejukkan karena warnanya yang cenderung redup.

Kita bisa membuat dinding dengan motif kayu sendiri tanpa memerlukan bantuan tukang atau jasa lainnya. Nah, di artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat motif kayu sendiri dengan cara yang sederhana dan mudah. Sebelumnya, kita perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan. Berikut alat dan bahan yang kita butuhkan:

  1. Cat dinding.
  2. Sikat / Sisir.
  3. Kuas.
  4. Roll Kuas.
  5. Spons.
  6. Koran.

Nah, apabila peralatan diatas sudah tersedia, mari simak langkah-langkah dalam pengecatan dinding dengan motif kayu berikut ini:

1. Beri Alas Pada Lantai Dengan Koran

Tahap pertama adalah memasang koran pada bagian lantai. Hal ini kita lakukan agar cat yang akan kita gunakan nantinya tidak berceceran dan permanen di lantai.

2. Beri Warna Dasar Pada Dinding

Dinding dengan motif kayu biasanya berwarna coklat. Untuk mendapatkan warna yang menyerupai kayu, sebaiknya kita menggunakan 2 jenis cat dinding dengan warna coklat atau kuning. Untuk warna dalam kayu adalah warna kuning.

Maka sebaiknya kita warnai dinding dengan warna kuning penuh sebagai warna dasar dinding dengan menggunakan kuas atau roll kuas. Lalu kita tunggu hingga cat tersebut kering.

3. Membuat Motif Kayu

Setelah cat dinding dengan warna dasar kering, selanjutnya kita membuat pola motif kayu dengan warna cat yang berbeda. Cat dinding dengan cat warna coklat pada permukaan dinding, namun jangan terlalu ditekan. Setelah itu gunakan sikat atau sisir untuk membentuk pola kayu.

Tarik sikat atau sisir ke bawah satu arah sehingga membentuk motif garis yang hampir sama dengan kayu. Untuk memberikan pola yang sempurna, sesekali buat pola melengkung atau melingkar sehingga terlihat seperti ruas kayu. Selanjutnya, untuk memberikan efek nyata seperti kayu, gunakan spons yang dikenai cat berwarna coklat.

Cat yang digunakan jangan terlalu banyak. Lalu tempelkan pada dinding, jangan terlalu ditekan dan tipis-tipis saja. Penggunaan spons disini digunakan untuk membentuk pori-pori yang ada pada kayu. Setelah itu, tunggu hingga cat mengering.

Nah, itu dia beberapa tips dan langkah untuk menghias dinding rumah kita dengan motif kayu. Untuk memiliki rumah yang cantik dan nyaman, kita tidak harus mengeluarkan banyak uang dengan menyewa tenaga. Kita sendiri bisa mengerjakan sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!