3 Cara Mencegah Cacar Air Untuk Anak-anak

36

Cacar air adalah sebuah penyakit yang biasanya menyerang anak-anak dibawah 10 tahun. Penyakit ini disebebkan oleh virus Varicella Zoster. Penyakit ini diawali dengan gejala ruam merah pada kulit, kemudian berubah menjadi bintil yang berisi cairan yang membuat tubuh terasa gatal, kemudian menjadi koreng dan terkelupas dalam 7-14 hari.

Hampir seluruh bagian kulit, mulai dari wajah sampai kaki bias terkena cacar air. Jika saat ini sedang terkena cacar air, langkah pertama yang harus dilakukan adalah usahakan untuk tidak menggaruk bintil yang terkena cacar karena dapat mengakibatkan infeksi ataupun penularan ke yang lainnya.

Salah satu cara pencegahan cacar air adalah dengan dilakukan imunisasi atau vaksinasi sejak dini. Imunisasi ini dianjurkan bagi anak yang berusia dibawah 13 tahun atau orang dewasa yang belum pernah terkena cacar. Jika sudah pernah terkena cacar atau sudah pernah diimunisasi cacar air tidak perlu diimunisasi lagi. Selain vaksinasi, kita juga sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini agar dapat mencegah terjadinya cacar air.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat

Mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat berarti kita punya perlindungan terhadap berbagai macam serangan infeksi virus dan bakteri, termasuk virus yang menyebabkan cacar air. Maka dari itu, kita harus semaksimal mungkin menjaga sistem kekebalan di dalam tubuh kita agar tetap kuat dengan cara istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi serta rutin berolahraga. Mengkonsumsi suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh juga dianjurkan namun dengan dosis yang tepat sesuai anjuran dokter.

2. Menghindari diri dari penderita cacar air

Penyakit cacar air pada dasarnya sebenarnya tidak membahayakan, namun bias menular ke orang lain walaupun kita tidak kontak secara langsung. Cacar air, selain bias menular melalui kontak langsung, bias juga menular melalui udara, ataupun benda-benda yang dipakainya.  Maka dari itu, hindari kontak secara langsung dengan penderita cacar, atau juga minta penderita cacar tersebut memakai masker agar nanti tidak tertular jika batuk atau bersin.

3. Menjaga Kebersihan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa cacar air juga juga bisa ditularkan melalui benda-benda yang digunakan para menderita cacar air, maka kebersihan benda-benda tersebut harus dijaga agar tidak menyebarkan virus cacar tersebut.

Cara yang bisa dilakukan antara lain :

  • Mencuci tangan setelah kontak dengan penderita cacar
  • Menggunakan cairan desinfektan atau pembasmi kuman untuk membersihkan benda yang mungkin sudah terkontaminasi dengan penderita cacar
  • Rutin mencuci baju dan mengganti seprai yang digunakan penderita cacar dan memisahkannya dari yang lain.

Demikianlah beberapa hal yang dapat menjadi perhatian dalam mencegah cacar air. Sebaiknya jika ada kerabat atau keluarga yang terkena cacar agar segera dibaa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan  pengobatan  yang lebih lanjut.