23 April Selamat Hari Buku Sedunia – Tanamkan Budaya Cinta Baca

71

Kamu tahu nggak sih kalau tanggal 23 April diperingati sebagai hari buku sedunia dan hak cipta ? Iya buat kamu yang belum tau nih kita kasih tau. Tanggal 23 April ditetapkan sebaga hari buku sedunia dan hak cipta. Tujuannya ya untuk mengingatkan dan menyadarkan diri kita dan orang lain pentingnya membaca.

Tentunya kamu pernah denger dong buku adalah jendela dunia ? Iya dari buku kita tau banyak ilmu dan pengetahuan baru. Selanjutnya tanggal 23 April ditetapkan sebagai hari hak cipta. Kenapa ya kira-kira ? Nih kita kasih tau lagi jawabannya.

Tanggal 23 April juga diperingati sebagai hari hak cipta tentunya ada alasan. Alasannya adalah untuk melindungi para pejuang literasi, penulis, penyair, dan seprofesinya dari para orang yang tidak bertanggungjawab mencetak atau mengcopas (copy paste) tulisan tanpa ijin dari si empunya karya asli.

Oh iya tentunya ada fakta menarik lagi lho di tanggal 23 April. Apa sih fakta menariknya. Fakta menarik di tanggal 23 April adalah sebagai penghargaan atau tanda jasa para penulis terkenal seperti Shakespeare, Josep Pla, dan Cervantes.

Namun di balik itu ternyata ada kabar bahagia juga, ya bertepatan di tanggal 23 April ternyata ada beberapa penggiat literasi yang terlahir di dunia, seperti Manuel Meija Vallejo, Maurice Druon, dan Vladimir Nabokov.

Nah bertepatan dengan peringatan hari buku sedunia, ternyata belum sepenuhnya masyarakat kita sadar pentingnya membaca buku. Wah kira-kira apa ya penyebabnya ?

  1. Kurangnya kesadaran dari diri kita
    Mungkin pepatah yang mengatakan ala bisa karena terbiasa ini ada benarnya. Ya, kita tidak akan terbiasa membaca buku jika kita tidak membiasakannya. Yuk mulai sekarang kita biasakan diri kita untuk membaca buku setidaknya 3-4 lembar tiap harinya, nggak susah kan ?
  2. Buku perpustakaan tidak menarik
    Mendengar kata perpustakaan, pasti pemikiran kita langsung menuju buku tua yang sudah lapuk, tak bergambar dan membosankan isinya. Kamu yakin pemikiranmu masih demikian ? Yuk ah coba liat lagi, di tiap-tiap perpustakaan tentunya ada buku yang keren banget seperti novel yang tentunya penulisnya terkenal.
  3. Kemajuan teknologi
    Kemajuan teknologi mmang memberi pengaruh positif dan negatif. Positifnya kamu bisa download buku yang berbentuk e-book dan tentunya mempermudah kamu untuk membacanya tanpa membawa tebalnya lembaran. Negatifnya, kamu lebih suka plagiasi bener nggak sih ? Ayo coba tanya diri kita. Beberapa orang misalnya ketika mencari tugas seperti artikel biasanya langsung copas (copy paste) edit nama selesai. Lho kok nggak dibaca dulu ? Sudah sesuai sama tema yabg dicari kok. Coba jernihkan pikiran kita lagi apakah itu justru membuatmu memiliki pribadi yang baik ? Ada baiknya kita memfilter satu karya dengan karya yang lain kemudian simpulkan.

Nah itu tadi permasalahan dan penyebabnya mengapa orang malas membaca buku.

Di hari buku sedunia dan hak cipta ini diharapkan semua masyarakat mampu memiliki waktu untuk membaca buku dan menyadari pentingnya buku untuk kehidupannya