21 BEM Jabar Menggugat, Ada Apakah Gerangan?

23
bem jabar

07 Oktober 2019 kemarin, 21 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Jawa Barat kompak menggelar konsolidasi yang mengatasnamakan ‘Gerakan Mahasiswa Jawa Barat Menggugat’. Konsolidasi ini mengajak kepada seluruh BEM di Indonesia untuk menyelaraskan dan mempersatukan pergerakan.

Dalam konsolidasi tersebut, Yusuf Sugiyato selaku ketua BEM Telkom University mengatakan ada lima poin penting dari hasil konsolidasi, diantaranya :

  1. Gerakan Mahasiswa Jawa Barat Menggugat berkomitmen melanjutkan tuntutan tuntaskan reformasi.
  2. Gerakan Mahasiswa Jawa Barat Menggugat berkomitmen akan terus mengawal seluruh penolakan RUU KPK sampai tahapan judicial review.
  3. Gerakan Mahasiswa Jawa Barat Menggugat menuntut kepolisian untuk menjamin tidak adanya lagi tindakan represif terhadap demonstran.
  4. Gerakan Mahasiswa Jawa Barat Menggugat mengajak seluruh aliansi BEM di Indonesia untuk menyelaraskan gerakan dan merumuskan persatuan.
  5. Gerakan Mahasiswa Jawa Barat Menggugat akan serius mengawal pemerintah dengan landasan kajian permasalahan kedaulatan bangsa dan negara.

Yusuf mengungkapkan bahwasannya pergerakan mahasiswa masih butuh penyempurnaan, sehingga perlu membuka kritik internal. Selain itu, masih ada sekat-sekat dalam gerakan mahasiswa sehingga perlu adanya persatuan agar pergerakan memenangkan kemenangan mutlak.

Menurutnya, aksi mahasiswa yang kemarin turun ke jalanan menunjukkan mahasiswa telah kembali menjadi parlemen jalanan yang tujuannya sendiri untuk mengkritik secara keseluruhan kinerja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah. Ia berharap, gerakan turun jalan kemarin adalah budaya mahasiswa untuk terus mengisi oposisi dengan gerakan intelektual.

“Kami tetap konsisten mengawal pemerintah dan DPR ke depan dengan tetap menjunjung tinggi keutuhan serta persatuan bangsa Indonesia. Dengan niat tulus ikhlas untuk kedaulatan bangsa Indonesia ke depan” tambahnya.

Adapun 21 BEM yang tergabung dalam konsolidasi ‘Gerakan Mahasiswa Jawa Barat Menggugat’ diantaranya :

  1. Telkom university.
  2. Universitas Siliwangi.
  3. Universitas Pasundan.
  4. Universitas Al-Ghiffari.
  5. IAID Ciamis.
  6. Universitas Nurtanio.
  7. Ekuitas.
  8. STAIPI.
  9. Universitas Jenderal Ahmad Yani.
  10. IPI Garut.
  11. Universitas Garut.
  12. Universitas Galuh Ciami.
  13. STIKES Ahmad Yani.
  14. BSI.
  15. STIMLOG.
  16. Universitas Islam Bandung.
  17. Universitas Padjajaran.
  18. STAI Baitu Aqrom.
  19. Universitas perjuangan.
  20. Sekolah Tinggi Hukum Garut.
  21. STAI Maarif Ciamis.

Kalau dilihat-lihat beberapa hari ini, perhatian kawula muda terutama mahasiswa kini semakin responsif terhadap bangsa Indonesia. Semoga sikap seperti ini tidak musiman atau hanya ikut trending saja, semoga sikap seperti ini terus ada dalam diri mahasiswa.