15 Negara Ikut Serta Dalam Jogja VW Festival 2019

22
Mobil VW Super Beetle Keluaran 1974 akan Menjadi Hadiah Lucky Draw Even Jogja VW Festival 2019

Sedikitnya 15 negara dipastikan ikut serta dalam kegiatan Jogja Volkswagen Festival 2019 yang berlangsung di Jogja Expo Centre pada 9-10 November 2019 ini.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo SH, M.ED berharap, keikut sertaan komunitas VW dari luar negeri ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta. Karena itu untuk masa mendatang waktu pelaksanaan diperpanjang sehingga lama tinggal wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta menjadi lebih lama.

“Potensi wisata di Yogyakarta sangat beragam. Agar peningkatan kunjungan wisatawab itu bisa terealisasi perlu adanya pancingan dan daya tarik yang lebih. Dan kegiatan Festival seperti adalah salah satu contohnya.” ujar Singgih kepada wartawan Selasa (5/11/2019).

Ditambahkan Singgih, Selama ini wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta lebih banyak terpusat di Malioboro. Jika hanya mengandalkan destinasi wisata yang sudah ada tentu saja hal itu belum cukup untuk memenuhi target peningkatan kunjungan wisatawan. Oleh karena itu perlu diciptakan magnet-magnet baru agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta.

Berdasarkan catatan Panitia, sedikitnya 800 orang perwakilan klub telah terdaftar untuk ikut serta dalam Jogja Volkswagen Festival 2019. Mereka berasal dari negara-negara Asean, Amerika, Inggris, Perancis, Jepang, Swiss dan Australia.

Seperti tahun sebelumnya, tahun ini penyelenggara juga menyediakan Lucky Draw bagi pengunjung berupa mobil VW jenis Super Beetle 1303 1974 versi German Look. Meski bentuknya masih asli, namun beberapa bagian dari mobil ini telah dimodifikasi sehingga lebih nyaman. Meskipun sudah dimodifikasi di beberapa bagian, tetapi mobil ini masih sangat aman untuk dikendarai di jalan raya.

Dari bentuk aslinya, beberapa bagian mobil ini dirombak sehingga penampilannya menjadi lebih menarik. Sedangkan restorasinya melibatkan beberapa bengkel VW sehingga mobil Super Beetle ini dapat disebut juga sebagai mobil karya gotong royong.

Selain hadiah tersebut, kegiatan Jogja VW Festival 2019 ini juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan pendukung seperti display mobil-mobil VW baik yang masih klasik maupun yang sudah dikustom, pentas musik yang menghadirkan bintang Didi Kempot, Intersport Air Cooled Burn Out, aneka game berhadiah serta bazaar aneka ragam kuliner.