15 Cara Menjaga Usus Agar Tetap Sehat! Perbanyak Konsumsi Ini…

97
pixabay

Salah satu organ tubuh yang paling vital adalah usus. Sebagai organ tubuh yang membantu mencerna makanan yang telah dikonsumsi, usus dapat menjadi kotor jika tidak dijaga dengan benar.

Usus yang tidak dijaga dengan baik dapat menyebabkan Anda terkena penyakit yang tidak diinginkan seperti BAB dan sistem pencernaan tidak lancar, kencing manis, hingga ambeien dan wasir.

Untuk menjaga agar usus Anda tetap sehat, Anda dapat melakukan 15 hal ini :

  1. Konsumsi air putih

Air putih sangat berguna untuk usus karena dapat membersihkan usus dan mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh. Dianjurkan untuk minum 8 gelas air putih setiap hari.

  1. Konsumsi yogurt

Yogurt baik untuk usus dikarenakan mengandung bakteri probiotik yang dapat membersihkan usus. Makanan dan minuman fermentasi lainnya seperti kefir dan kimchi juga baik untuk usus.

  1. Konsumsi lemon

Selain terkenal mengandung vitamin C, lemon juga memiliki kandungan oksidan yang tinggi. Oksidan sangatlah berguna bagi pencernaan karena dapat membersihkan usus dan membuang racun.

  1. Konsumsi buah alpukat

Buah alpukat sangat berguna untuk usus. Asam folat, vitamin E, dan lemak baiknyanya dapat membersihkan usus yang kotor. Selain itu, kandungan serat yang tinggi di dalam alpukat baik untuk kesehatan usus.

  1. Konsumsi jahe

Jahe sangat berfungsi dalam merangsang usus besar. Jahe dapat bekerja sebagai detoks yang membuang racun dan membersihkan kotoran.

  1. Konsumsi cuka apel

Tidak hanya berguna bagi usus karena dapat membersihkan kotoran, racun, dan logam berlebihan yang ada dalam tubuh, cuka apel juga dapat menurunkan tekananĀ  darah tinggi.

  1. Konsumsi sayuran hijau

Tingginya kandungan serat yang ada di dalam sayuran hijau dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh.

  1. Konsumsi lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat laksatif yang tinggi dan berguna untuk membuang kotoran dan racun yang ada dalam usus.

  1. Konsumsi teh atau kopi

Kandungan kafein yang ada dalam kopi dan teh dapat membantu merangsang usus Anda sehingga proses BAB akan menjadi lebih lancar.

  1. Konsumsi chia seed dan flax

Mengandung serat alami yang berguna untuk membuang kotoran dalam usus dan melancarkan pencernaan.

  1. Olahraga rutin

Olahraga dapat merangsang usus dan membantu menjaga usus tetap sehat jika dilakukan secara rutin.

  1. Konsumsi makanan kaya serat

Makanan seperti buah-buahan dan sayuran sangat berguna bagi usus dikarenakan kandungan seratnya yang tinggi dan dapat melancarkan pencernaan.

  1. Hindari makanan pedas

Makanan pedas atau yang memiliki rasa terlalu kuat dapat berbahaya bagi usus, bahkan melukai usus. Maka sebaiknya hindari makanan semacam itu.

  1. Kunyah makanan secara benar

Mengunyah makanan secara benar dapat membantu usus dalam melakukan pekerjaannya. Sehingga usus tidak bekerja terlalu keras dan pencernaan juga menjadi lebih lancar.

  1. Konsumsi makanan dengan kandungan bakteri baik

Bakteri baik di sini maksudnya adalah probiotik. Probiotik dapat membantu kelancaran pencernaan dan membersihkan usus. Probiotik biasanya dapat ditemukan di dalam makanan atau minum fermentasi.

Itu dia cara-cara untuk menjaga kesehatan usus Anda. Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Lebih baik Anda menjaga usus Anda daripada harus terkena penyakit yang tidak diinginkan.