12 Minuman Penurun Gula Darah, Sehat dan Lezat!

74

Penduduk Indonesia yang menderita gula darah tinggi semakin meningkat tiap harinya. Kadar gula yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan diabetes jika dibiarkan. Apalagi jika Anda adalah keturunan orang yang terkena diabetes, maka Anda akan semakin rawan terkena diabetes jika gula darah Anda tinggi.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kadar gula darah Anda. Salah satu di antaranya adalah mengonsumsi minuman yang baik untuk menurunkan gula darah. Mari kita simak apa saja minuman yang dapat membantu menurunkan gula darah berikut ini.

  1. Minuman Lidah Buaya dan Kaktus

Anda akan memerlukan pulp kaktus dan gel aloe vera. Setelah itu Anda rebus dengan kira-kira 8 gelas air (untuk 1 daun lidah buaya dan 1 kaktus pir berduri). Setelah sudah 5 menit mendidih, saring campurannya. Anda bisa menyimpan air hasil rebusan tersebut dan minum segelas sehari.

  1. Air Oat

Rendam gandum atau oatmeal selama 12 jam, kemudian saring oatmeal yang direndam lalu diblender. Tambahkan sedikit air hingga mendapatkan cairan yang halus. Anda bisa minum 1 gelas sehari. Tidak hanya mengendalikan kadar gula darah, namun minuman ini juga membuat Anda merasa kenyang.

  1. Minuman Kayu Manis dan Chamomile

Anda hanya perlu satu gelas air yang direbus bersama bunga chamomile dan bubuk atau batang kayu manis. Setelah 3 menit, Anda sudah bisa meminumnya. Dianjurkan untuk mengonsumsi minuman ini secangkir sehari.

  1. Minuman Wijen

Panggang secangkir biji wijen kemudian giling hingga halus. Lalu larutkan bubuk biji wijen tadi ke dalam 1 liter santan. Anda bisa menyimpan minum ini untuk diminum segelas setiap harinya.

  1. Jus Bayam dan Seledri

Jus ini tidak hanya membutuhkan bayam dan seledri, namun juga apel hijau, wortel, dan mentimun. Jus semua bahan di atas dan minumlah segelas per harinya.

  1. Teh Kayu Manis

Rebus air sebanyak 1 liter atau 4 gelas, kemudian tambahkan bubuk kayu manis secukupnya. Minuman akan siap setelah sudah mendidih selama 5 menit. Anda dianjurkan untuk minum segelas setiap hari.

  1. Teh Hijau

Teh hijau sekarang sudah banyak yang menjual bahkan dari merek lokal. Ternyata teh hijau ini ampuh dalam menurunkan kadar gula yang tinggi. Anda hanya perlu menyeduh teh hijau dan meminumnya setiap kali makan.

  1. Teh Eucalyptus

Teh eucalyptus atau daun kayu putih ternyata ampuh dalam menurunkan kadar gula darah. Anda hanya perlu mendidihkannya dan mengonsumsi setidaknya satu cangkir teh per hari.

  1. Jus Mengkudu

Buah mengkudu dapat membantu meningkatkan produksi insulin yang disesuaikan dengan kebutuhan tubuh agar kadar gula darah seimbang. Anda dapat meminum jus buah mengkudu 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Jus Bawang Putih

Bawang putih ternyata mengandung senyawa yang bisa menghancurkan penumpukan gula yang berlebih di dalam darah. Anda hanya perlu memblender 2 siung bawang putih dicampur dengan air lemon sedikit saja. Lalu seduh dengan air hangat. Aduk, lalu saring dan minum setidaknya 2 kali sehari.

  1. Minuman Kulit Manggis

Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit manggis dapat menembuhkan penyakit diabetes. Kulit manggis juga bisa mengembalikan resistensi insulin sehingga jumlahnya menjadi normal kembali. Anda hanya perlu merebus kulit manggis hingga mendidih lalu saring dan minum sehari dua kali.

  1. Jus Buah Bit

Buah bit dapat menurunkan sindrom metabolik yang terdapat di dalam tubuh Anda. Jika sindrom metabolik ini terlalu tinggi, maka kadar gula darah Anda juga akan semakin meningkat. Anda dapat mengonsumsi jus buah bit sekali sehari.

Itulah dia 12 minuman yang dapat membantu Anda menurunkan kadar gula darah. Sekarang Anda bisa hidup lebih sehat dan bebas dari kekhawatiran terkena diabetes. Minuman mana yang akan Anda coba sekarang?