11 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

1768
Sumber gambar: http://pelatihindonesia.com/prinsip-paling-kunci-dalam-mengatur-keuangan-pribadi/

Sebagian besar UMR di wilayah Indonesia masih berada di angka 3 juta rupiah. Hal itu tentu sulit bagi mereka yang telah berkeluarga. Selain pengeluaran bertambah, kesulitan mengatur keuangan tidak bisa dipungkiri.

Jika tidak dapat mengatur pengeluaran rumah tangga dengan baik, seseorang bisa memilih jalan berhutang atau kredit. Bukannya menjadi jalan keluar, berhutang atau kredit malah justru menjadi masalah lain. Apalagi jika hutang atau kredit tersebut berbunga.

Lalu, bagaimana cara agar bisa merdeka secara finansial dengan gaji 3 juta per bulan? Berikut cara-caranya:

  1. Alokasikan Gaji dengan Bijak

Gaji 3 juta rupiah per bulan memang bukan gaji yang besar, tetapi tidak bisa juga disebut sebagai gaji yang kecil. Jika Anda dapat mengalokasikan gaji untuk kebutuhan rumah tangga dan pribadi dengan baik, maka gaji 3 juta akan dapat memenuhi seluruh kebutuhan Anda.

Mengalokasikan gaji dengan bijak juga termasuk menggunakannya hanya untuk keperluan yang benar-benar dibutuhkan oleh rumah tangga Anda, bukan rumah tangga orang lain. Hal ini tentunya harus disesuaikan dengan pendapatan Anda. Alokasikan 60% gaji Anda untuk kebutuhan pokok. Sisanya alokasikan untuk tabungan, investasi dan dana darurat; masing-masing 10%, 10% dan 20%.

2. Dana Darurat

Dana darurat memiliki fungsi seperti namanya, yaitu sebagai dana yang digunakan ketika terjadi sesuatu yang tak terduga, seperti sakit. Keberadaan dana ini penting karena kita tidak tahu kapan kita atau anggota keluarga kita terkena musibah. Jika tidak digunakan, maka dana ini bisa masuk uang tabungan. Selain itu, dana ini juga bisa diambil sebagian untuk keperluan zakat, iuran lingkungan atau sejenisnya.

3. Menabung di Awal Bulan

Tabungan sifatnya juga penting tanpa perlu dijelaskan lagi. Mengapa menabung harus dilakukan di awal bulan? Hal ini untuk menghindari uang tabungan terpakai untuk keperluan lain. Tabungan ini nantinya berfungsi untuk tabungan kuliah anak, merenovasi atau membeli rumah, haji, liburan, tabungan hari tua, dan sebagainya. Anda juga bisa mengambil sebagian tabungan untuk arisan.

4. Mulai Berinvestasi

Salah satu peluang investasi murah yang sesuai dengan gaji 3 juta adalah investasi emas. Pegadaian membuka peluang investasi bernama “Tabungan Emas.” Investasi ini dapat Anda lakukan dengan menabung mulai Rp5000,- atau setara dengan sekitar 0,01 gram emas. Uang Anda dapat dicairkan jika total tabungan emas Anda sudah setara dengan 1 gram emas.

5. Cari Penghasilan Tambahan

Cara agar kebutuhan seluruh keluarga terpenuhi tanpa berhutang adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Sekarang ini banyak sekali pekerjaan lepas yang bisa Anda lakukan dengan gaji yang lumayan. Anda mengerjakannya di rumah dengan waktu kerja yang bisa disesuaikan dengan jadwal Anda. Jika Anda memiliki keahlian tertentu, kenapa tidak mencoba membuka usaha mulai dari rumah Anda?

6. Tidak Membeli Makanan di Luar Rumah

Hal yang mungkin sering terlupakan oleh kita adalah bahwa jajan adalah perilaku boros. Kita bahkan sering lupa bahwa harga makanan di luar adalah dua kali lipat lebih besar daripada harga yang diperlukan untuk membuatnya. Ingat! Jajan adalah kebutuhan sekunder, bukan pokok.

7. Gunakan Kendaraan Pribadi Sendiri/ Berjalan Kaki

Walaupun biaya angkutan umum sepertinya murah, tapi sebenarnya mahal. Jika Anda memiliki motor, lebih baik Anda gunakan ongkos Rp10.000,- untuk membeli bensin yang bisa mengantar Anda dari kantor ke rumah 2 kali daripada Anda menggunakan biaya yang sama untuk sekali pulang-pergi.

Namun, walaupun Anda memiliki motor sendiri, itu bukan berarti Anda harus kemana-mana dengan motor. Jika toko hanya berjarak 500 meter, sebaiknya Anda berjalan kaki untuk mencapai tempat itu. Selain berhemat, Anda juga sehat.

8. Biaya Sewa Kontrakan Tidak Lebih dari 20 Persen

Jika tempat tinggal Anda berstatus sewa, maka jangan pilih tempat dengan harga sewa per bulan melebihi 20 persen gaji Anda. Walaupun mungkin dirasa kurang nyaman, yang penting tempat itu sudah memenuhi kebutuhan pokok Anda, yaitu beristirahat dan mandi.

9. Mengatur Belanja Bulanan

Pengaturan belanja bulanan, walaupun penting, tidak boleh sembarangan juga. Peraturan pertama, buatlah daftar barang belanjaan yang perlu dibeli sebelum mulai berbelanja. Kalau perlu, periksa ulang daftar belanjaan Anda tersebut karena mungkin ada beberapa barang yang tidak terlalu diperlukan. Kedua, Pastikan Anda tidak membeli lebih banyak barang dari yang sudah ditulis dalam daftar. Jika Anda perlu menambah barang, pastikan barang itu benar-benar perlu dan penting.

10. Mempertimbangkan Diskon

Diskon bukan hanya untuk menarik pelanggan, tetapi juga memberikan keuntungan jangka panjang bagi Anda. Jika Anda melihat diskon besar, jangan sungkan untuk membeli banyak untuk stok bulan depan. Namun, jangan kalap juga. Belilah hanya yang dibutuhkan walaupun ada banyak diskon untuk beberapa barang yang tidak Anda butuhkan.

11. Stop Melakukan Kredit Berbunga

Walaupun sekarang banyak kredit yang tanpa bunga, jumlah kredit berbunga juga masih bisa dilihat di mana-mana, terutama kendaraan. Jika Anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli barang tanpa melakukan kredit berbunga, sebaiknya Anda tidak membelinya. Anda tahu sendiri alasannya: Anda membeli lebih mahal daripada harga normal. Semakin sering Anda melakukan kredit berbunga, semakin banyak uang yang Anda keluarkan dengan sia-sia.