11 Artis ini Tolak Tegas RUU Permusikan, Siapa Saja?

65

Permasalahan mengenai Rancangan Undang-Undang (RUU) Permusikan masih menjadi pembicaraan hangat, terutama bagi para musisi dan juga seniman tanah air. Ratusan musisi dan seniman bahkan mempermasalahan sejumlah 19 pasal dalam RUU Permusikan tersebut.

Mereka berpendapat bahwa pemerintah tidak memiliki kepentingan untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang tersebut. RUU Permusikan dianggap membatasi ruang gerak para musisi untuk berekspresi dalam karya mereka. Tak sampai di situ, RUU Permusikan juga memuat pasal yang tumpang tindih dengan beberapa undang-undang lain.

Ratusan artis telah menunjukkan sikap penolakan tegas terhadap RUU Permusikan ini dengan bergabung dengan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan. Berikut adalah nama-nama artis yang turut meramaikan tagar #TolakRUUPermusikan di sosial media.

1.Efek Rumah Kaca

Efek Rumah Kaca beserta ratusan pelaku musik dari beberapa kota di Indonesia, secara tegas #TolakRUUPermusikan karena berpotensi merepresi musisi. Silakan baca pernyataan sikap kami atas nama Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan.

Pernyataan official twitter @efekrumahkaca.

2. Danilla Riyadi

Danilla Riyadi mencetuskan petisi untuk menolak RUU Permusikan tersebut. Saat berita ini ditulis jumlah peserta telah menembus angka 43ribu. Ia membagikan petisi yang dibuatnya tersebut ke media sosial dan banyak didukung oleh musisi dan seniman lainnya.

3. Bangkutaman

Bangkutaman, band indie tanah air ini menyatakan penolakannya terhadap RUU Permusikan dalam pernyataan mereka di twitter resmi @bangkutaman.id.

Pak wakil rakyat yang terhormat, musik kami plis jangan dikebiri #AturTataNiaganyaJanganMusiknya#TolakRUUPermusikan

4. Rara Sekar

Rara Sekar, mantan anggota Banda Neira yang juga kakak dari penyanyi cantik Isyana Sarasvati juga ikut meramaikan tagar #TolakRUUPermusikan. Ia juga turut mengisi petisi yang dibuat Danilla Riyadi serta membagikannya di sosial media.

5. Fajar Merah

Musisi yang juga putra dari aktivis Widji Thukul ini juga menyatakan bahwa ia telah bergabung dengan Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan.

6. Marzuki “Kill the DJ” Mohammad

Aku gak bisa memainkan alat musik, menulis notasi, tapi aku bisa membuat lagu, mengambil budaya luar (hip-hop) dan mencampurkanya dengan budaya Jawa, separuh bumi sudah aku kelilingi berkendara karya musikku membawa nama Indonesia.

Aku ikut #TolakRUUPermusikan

Tulisnya lewat akun twitter pribadinya @killthedj

7. Fiersa Besari

Musisi dan penulis ini juga turut menyatakan penolakannya terhadap RUU Permusikan di akun twitternya @FiersaBesari

Oh ya. Sudah tentu, saya pun menolak RUU Permusikan. Dunia ini bukan ajang pencarian bakat ala layar kaca, di mana musikalitas, lirik dan kesenian mesti dinilai, diatur-atur, dan dibatasi. Hari ini, esok, lusa, musik adalah milik musikus dan penikmatnya
.#TolakRUUpermusikan

8. Duo Bottlesmoker

Langkah kami dan banyak teman lainnya terhadap RUU Permusikan yang masih dangkal landasannya. #tolakRUUpermusikan

9. Melanie Subono

Penyanyi Melanie Subono ikut meramaikan trending twitter #TolakRUUPermusikan

Terserah lo mau di bungkam ato punya kebebasan ber ekspresi. Kalo ga mau dibungkam, lo tau musti apa. #TolakRUUPermusikan

10. Mardial

Musisi EDM Mardial turut menunjukkan sikap penolakan terhadap RUU Permusikan.

Saya turut serta untuk #TolakRUUPermusikan
RUU Permusikan itu ♪ enggak penting banget ♪

11. Joko Anwar

Meskipun bukan musisi, sutradara kondang Joko Anwar juga turut menyatakan penolakan terhadap RUU Permusikan ini.

Musik, sebagaimana halnya dengan bentuk seni lain, berfungsi sebagai pembuka pikiran dan agen kemajuan peradaban. Undang-Undang yang memiliki potensi untuk membatasi penciptaannya, adalah pengkhianatan atas perbaikan kemanusiaan. #TolakRUUPermusikan

Nah itulah daftar 11 artis yang menyatakan pernyataan tegasnya mengenai penolakan terhadap RUU Permusikan. Hingga saat ini dikabarkan sebanyak 262 seniman telah menyatakan penolakan.