10 Oleh Oleh Khas Jogja Kekinian Paling Banyak Dicari

253
Sumber gambar: qudsfata.com

Jogja merupakan salah satu kota tujuan wisata yang selalu menarik minat wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal maupun mancanegara selalu berbondong-bondong mengunjungi Jogja yang menampilkan banyak objel wisata yang indah.

Bukan hanya tempat wisatanya saja yanh menarik tapi juga oleh-oleh khas Jogja yang selalu diburu. Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Jogja yang paling banyak dicari:

1. Bakpia

Bagi kamu yang pernah mengunjungi Jogja pasti tidak asing lagi dengan oleh-oleh yang satu ini. Bakpia adalah salah satu oleh-oleh paling banyak dibeli oleh wisatawan.

Bakpia memang memiliki hubungan erat dengan Tionghoa, jika dulu bakpia diisi dengan daging babi maka sekarang terdapat berbagai varian rasa, seperti keju dan kacang hijau.

2. Geplak

Geplak adalah pangana yang terbuat dari kelapa, gula, dan pewarna makanan. Geplak dapat kamu temukan dimana saja karena hampir setiap toko oleh oleh menjual geplak. Geplak tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa durian, vanila, coklat, dan nangka.

3. Salak pondoh

Oleh-oleh yang satu ini sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Salak pondoh berasal dari daerah gunung Merapi yang tanahnya memang sangat subur.

Salak pondoh memiliki ciri yang berbeda dibandingkan dengan salak lainnya. Salak pondoh memiliki daging berwarna putih, kering, manis, dan tidak sepat.

4. Yangko

Jika dilihat sekilas, yangko ini memiliki bentuk seperti permen empuk. Padahal yangko terbuat dari adonan tepung ketan yang diberi pewarna makanan dan dibaluri tepung.

Dulu yangko hanya berisikan gula dan cincangan kacang, tapi kini yangko telah tersedia dalam berbagai rasa, seperti nangka, coklat, dan stroberi.

5. Coklat monggo

Bukan hanya luar negeri saja yang memiliki oleh-oleh coklat, Jogja juga memiliki oleh-oleh coklat yang sangat nikmat. Nama coklat yang terkenal ini adalah Cokelat Monggo.

Cokelat Monggo terbuat dari coklat Jawa, Sumatera, dan Sulawesi yang diracik sedemikian rupa hingga menghasilkan rasa coklat yang nikmat.  Pemilik usaha ini adalah seorang Belgia yang mengerti betul tentang cara meracik coklat.

6. Belalang goreng

Jogja juga dikenal sebagai tempat wisata yang menyediakan berbagai makanan ekstrim. Salah satu makanan ekstrim tersebut adalah belalang goreng. Kamu bisa mendapat dengan mudah panganan ini di daerah sekitar gunung Kidul.

7. Tiwul

Jajanan yang satu ini juga sama populernya dengan geplak.  Tiwul terbuat dari ubi yang ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan gula merah. Tiwul disajian dengan taburan gula putih dan parutan kelapa.

Tiwul yang sudah terkenal di Jogja adalah tiwul Tumirah atau sering disebut tiwul Yu Tum.

8. Tahu susu bakso

Oleh-oleh khas Jogja lainnya yang kekinian adalah tahu susu bakso. Meskipun namanya tahu susu bakso tapi bukan berarti baksonya memiliki rasa manis seperti susu.

Tahu susu bakso memiliki tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan tahu bakso lainnya. Campuran bumbu dalam baksonya juga sangat terasa. Tahu susu bakso juga tahan lama sehingga sangat cocok untuk oleh-oleh.

9. Jadah tempe

Makanan selanjutnya adalah jadah tempe. Jadah tempe adalah olahan ketan dan tempe bacem yang disajikan bersamaan. Kamu dapat menemukan panganan ini di daerah sekitar gunung Merapi.

10. Gudeg

Siapa yang tidak kenal gudeg?  Hampir semua orang mengenal gudeg Jogja yang jiga menjadi ikon kota antik ini.

Gudeg memiliki rasa manis yang khas sehingga banyak orang menyukainya. Jika kamu ingin membawa gudeg sebagai oleh-oleh, maka sebaiknya beli gudeg kering sebagai buah tangan agar lebih tahan lama.