10 Minuman Khas Bangka Belitung yang Semakin Menyegarkan Mood Para Pelancong

61

Indonesia memiliki keindahan alam yang tidak bisa dipungkiri lagi. Salah satu daerah yang memiliki daya tarik wisata alam yang begitu eksotis adalah kepulauan Bangka Belitung. Kepulauan yang terletak di Riau ini telah menjadi salah satu daerah wisata yang paling berkembang di Indonesia.

Tak hanya alamnya yang begitu eksotis, koleksi kuliner yang ditawarkan pun tak kalah memanjakan. Minuman khas Bangka Belitung sudah menjadi incaran banyak wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Berikut ini adalah 10 minuman khas Bangka Belitung yang selalu membuat wisatawan ketagihan:

1. Es kacang merah

Es kacang merah merupakan salah satu minuman khas Bangka Belitung yang sudah sangat dikenal di Nusantara. Es kacang merah merupakan minuman yang terdiri dari kacang merah, gula, es serut dan tambahan lainnya. Es ini selalu menjadi idola bagi para wisatawan yang datang.

2. Es jeruk kunci

Lelah berjalan menyusuri Bangka Belitung seharian??? Minuman es jeruk kunci merupakan salah satu minuman yang akan mengatasi dahaga. Es jeruk kunci khas Bangka memang beda dengan es jeruk lainnya. Kesegaran yang khas akan terasa sejak tegukan pertama.

3. Es campur ayong

Es campur yang satu ini sama dengan es campur pada umumnya. Perbedaannya hanya pada kacang merah yang lebih lembut dan es serut yang lebih halus seperti salju. Es campur ayong sudah lama dikenal sebagai es yang sangat nikmat.

4. Es campur pelangi anggrek

Es campur pelangi anggrek merupakan minuman segar khas Bangka Belitung yang selalu dinanti oleh wisatawan. Es campur ini memiliki campuran seperti es campur pada umumnya, hanya saja memiliki warna layaknya bunga anggrek.

5. Tai fu sui

Tai fu sui memang memiliki nama yang aneh bagi orang Indonesia, namun minuman ini telah menjadi minuman khas Bangka Belitung yang sangat terkenal. Sekilas minuman ini terlihat seperti susu kedelai biasa namun sebenarnya rasa tai fu sui jauh lebih nikmat.

6. Arak

Minuman khas Bangka Belitung selanjutnya adalah arak. Meskipun arak dilarang oleh pemerintah, namun pada kenyataannya banyak masyarakat yang masih mengkonsumsi minuman ini. Arak khas Bangka biasanya dibuat dari sari tape ketan sehingga manisnya khas

7. Theufufa

Selain tai fu su, Bangka Belitung juga punya minuman lain yang diolah dari kedelai. Minuman tradisional yang satu ini sangat sulit ditemukan karena semakin sedikit penjualnya. Theufufa memberikan banyak sekali khasiat bagi kesehatan sehingga cocok untuk orang yang sedang sakit.

8. Kopi susu

Banyak wisatawan yang melakukan wisata malam sambil menikmati secangkir kopi susu khas Bangka Belitung. Kopi susu yang disajikan sangat nikmat dan tidak pahit sehingga banyak peminatnya.

9. Hit Man

Minuman dengan nama asing ini merupakan minuman kekinian khas Bangka Belitung. Minuman ini merupakan minuman olahan tape yang disajikan dengan susu dan maple sirup. Minuman ini disajikan di beberapa hotel di Bangka.

10. Jus buah buni

Jika di daerah lain buah buni dijadikan sebagai bahan ulekan rujak, kini buah buni justru dijadikan sebagai jus. Di Bangka Belitung, jus buah buni sangat populer dan memiliki rasa asam manis yang khas.

Itulah 10 minuman khas Bangka Belitung yang selalu dinanti oleh wisatawan. Menikmati keindahan Bangka Belitung sambil ditemani minuman khasnya merupakan aktivitas yang sangat menyenangkan.