10 Makanan Khas Wonogiri Paling Enak

29

Wonogiri adalah salah satu provinsi di Jawa Tengah yang memiliki banyak keunikan daerah wisata. Tak hanya itu saja, wisata kuliner yang ditawarkan juga tak kalah menariknya. Berikut ini adalah 10 makanan khas Wonogiri paling enak dan wajib dicoba:

1. Cabuk wijen

Makanan yang satu ini memiliki warna hitam legam yang berasal dari minyak wijen yang digunakan. Rasanya juga sangat khas karena terbuat dari minyak wijen. Cara membuatnya juga cukup mudah yakni dengan mencampur ampas minyak wijen dengan merang padi dan diaduk hingga menghasilkan pasta berwarna hitam.

2. Besengek

Besengek adalah salah satu makanan khas Wonogiri yang sangat khas. Terbuat dari tempe kara yang dibungkus dengan daun jati membuat makanan ini memiliki keunikan tersendiri. Besengek biasanya dijadikan sebagai bahan lauk yang disajikan dengan cabai segar.

3. Wader goreng

Ikan wader goreng menjadi makanan khas Wonogiri yang telah mendunia. Bahkan kuliner yang satu ini telah diekspor ke luar negeri saking nikmatnya. Ikan wader goreng adalah panganan yang terbuat dari ikan kecil yang digoreng dengan menggunakan tepung.

4. Jangan lombok ijo

Makanan yang satu ini merupakan salah satu sayuran yang banyak digemari masyarakat Wonogiri. Jangan lombok ijo memiliki arti sayur cabe hijau. Sayur yang mirip dengan sayur lodeh ini dibuat dengan menggunakan cabe hijau yang cukup banyak.

5. Pindang kambing

Jika di daerah lain pindang adalah makanan yang dibuat dari ikan, maka di Wonogiri bisa kamu temukan pindang yang dibuat dari daging kambinbg. Daging kambing akan dibungkus dengan menggunakan daun jati terlebih dahulu bersama dengan jeroan dan tepung gaplek. Rasa yang manis merupakan khas dari pindang kambing ini.

6. Ayam panggang

Ayam panggang memang banyak ditemukan di berbagai daerah, namun ada yang unik dari ayam panggang khas Wonogiri. Ayam panggang khas Wonogiri dibuat dengan menggunakan tungku yang terbuat dari tanah liat dengan bahan bakar kayu.

7. Tahu Wonogiri

Berbeda dengan tahu yang biasa kita jumpai. Tahu khas Wonogiri mempunyai tekstur yang lebih keras sehingga tidak gampang hancur. Tahu Wonogiri juga lebih awet dibandingkan tahu jenis lain. Tahu ini biasanya diolah menjadi bacem, gorengan, atau tumisan.

8. Pecel mie pentil

Mie pentil adalah mi yang terbuat dari tepung ketela pohon atau tepung tapioka. Ukurannya lebih besar dibandingkan dengan mi jenis lain dan warnanya putih. Pecel mie pentil merupakan sajian pecel dengan mie pentil sebagai tambahannya.

9. Lentho

Lentho adalah panganan sederhana yang dibuat dari kacang tholo dan singkong. Lentho biasanya ditemukan di pagi hari sebagai sarapan atau makanan ringan. Selain kacang tholo, kacang hijau juga bisa digunakan sebagai penggantinya.

10. Geti

Makanan khas Wonogiri yang satu ini memiliki rasa yang manis dan membuat siapa saja ketagihan. Jika di daerah lain, makanan yang satu ini disebut dengan enting-enting kacang.

Itulah 10 makanan khas Wonogiri yang membuat siapa saja ketagihan. Rasa khas yang manis dan gurih merupakan ciri khas dari makanan asal Wonogiri yang sebagian besar telah mendunia.