10 Makanan Khas Lumajang Wajib Dicoba

27

Membahas soal wisata kuliner memang tidak ada habisnya. Kekayaan kuliner Indonesia memang selalu menjadi yang terbaik untuk dinikmati. Salah satu daerah yang memiliki koleksi makanan yang wajib dicoba adalah Lumajang.

Kabupaten yang berada di Jawa Timur ini memilik banyak sekali makanan yang sangat menggoda selera. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Lumajang yang wajib kamu coba:

1. Lontong petis

Petis memang banyak digunakan dalam berbagai olahan makanan. Di Lumajang, salah satu makanan yang diolah menggunakan petis adalah lontong petis. Lontong petis merupakan makanan khas Lumajang yang selalu menjadi buruan wisatawan, terutama di pagi hari. Lontong ini disajikan bersama dengan tahu dan lalapan lain yang disiram dengan bumbu khas.

2. Lupis Lumajang

Makanan yang memiliki bentuk segitiga dan dibuat dari beras ketan ini merupakan menu sarapan yang paling banyak diserbu. Lupis Lumajang biasanya disajikan dengan cenil yang disiram kuah gula merah.

3. Pecel telo

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas Lumajang yang melegenda. Pecel telo mirip dengan pecel lainnya yang berisikan sayur genjer, Semanggi, kacang panjang, jantung pisang, dan lain-lain. Namun bedanya adalah bumbu makanan ini dibuat dari ubi jalar.

4. Bledus

Bledus adalah makanan yang menjadi cemilan sederhana nan nikmat bagi masyarakat Lumajang. Bledus dibuat dari jagung pipik yang telah direbus lalu dicampur dengan parutan kelapa dan gula pasir.

5. Tape pisang

Salah satu hasil pertanian yang melimpah di Lumajang adalah pisang. Maka tak heran jika banyak olahan pisang yang unik di Lumajang. Salah satunya adalah tape pisang. Jika biasanya tape dibuat dari ubi atau ketan, kali ini tape dibuat dari pisang. Rasanya sangat manis dan lezat.

6. Keripik pisang

Selain tape pisang, olahan lain yang dibuat dari pisang adalah keripik pisang. Keripik pisang khas Lumajang memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga cocok sebagai teman cemilan di sore hari.

7. Kue latok

Makanan khas Lumajang selanjutnya adalah kue latok. Kue latok merupakan salah satu jajanan pasar yang kini semakin sulit ditemukan. Yang khas dari kue ini adalah warnanya yang beranekaragam.

8. Kripik talas

Lumajang terkenal dengan berbagai macam aneka kripiknya. Tak terkecuali kripik yang sangat unik ini yang dibuat dari talas atau umbi keladi. Kripik talas memiliki rasa yang gurih serta kandungnya izin yang sangat baik untuk tubuh.

9. Pisang agung

Pisang yang satu ini memang beda daripada pisang lainnya. Pisang agung memiliki bentuk besar dan melengkung seperti tanduk. Ukurannya yang 2 kali lebih besar dibandingkan pisang jenis lain membuat pisang agung dibandrol dengan harga yang lebih mahal.

10. Kripik nangka

Selain kripik pisang dan kripik talas, Lumajang juga mempunyai kripik nangka yang rasanya tak kalah nikmat. Kripik nangka sangat digemari oleh wisatawan karena rasanya yang manis.

Itulah 10 makanan khas Lumajang yang wajib kamu coba saat singgah di daerah yang satu ini. Tak hanya lezat, makannya khas Lumajang juga murah di kantong sehingga cocok dijadikan buah tangan bagi keluarga.