10 Makanan Khas Kebumen yang Jadi Primadona Wisatawan

29

Kebumen adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang memiliki keindahan wisata yang membuat banyak wisatawan mengunjunginya setiap tahun. Selain memiliki pemandangan yang sangat asri, Kebumen juga memiliki kuliner yang siap memanjakan lidah para pelancong. Berikut ini adalah 10 makanan khas Kebumen yang menjadi primadona wisatawan:

1. Nasi penggel

Disebut nasi penggel karena penyajian nasi ini dilakukan dengan membuat nasi menjadi berbentuk bola pingpong. Nasi penggel biasanya sayur nangka muda dan kikil atau jeroan. Nasi penggel biasanya dijajakan sebagai sarapan.

2. Sate Ambal

Sesuai dengan namanya sate Ambal, sate ini memang berasal dari daerah Ambal, Kebumen. Sekilas sate ini tampak seperti sate Madura, namun sebenarnya sangat berbeda. Jika sate Madura dibuat dengan saus kacang, maka sate Ambal dibuat dengan saus tempe. Rasa yang khas inilah yang membuatnya sangat unik.

3. Sale pisang

Berbeda dengan sale pisang yang berasal dari Aceh, sale pisang asal Kebumen dibuat dengan mengasapi pisang hingga menjadi sale lalu dikeringkan setelah diiris tipis-tipis. Sale pisang lalu digoreng dengan menggunakan tepung.

4. Soto Tamanwinangun

Soto Tamanwinangun dapat ditemukan dengan mudah di Tamanwinangun, Kebumen. Soto khas kebumen ini dibuat dengan menggunakan daging entok dengan kuah santan yang sangat kental.

5. Yutuk goreng

Yutuk adalah sejenis hewan laut yang biasa disebut kutu laut atau undur-undur laut. Yutuk goreng biasanya disajikan sebagai cemilan layaknya rempeyek atau makanan pendamping lauk pauk.

6. Soto ayam Petanahan

Selain soto Tamanwinangun, ada juga soto ayam Petanahan yang bisa didapatkan di daerah Petanahan. Soto ini menggunakan suwiran daging ayam dengan campuran toge, kubis, dan soun. Rasanya yang gurih membuat soto ini sangat terkenal.

7. Jipang kacang

Jipang kacang adalah makanan khas Kebumen yang sudah dikenal sejak lama dan masih diproduksi sesuai dengan resep aslinya. Jipang kacang dibuat dari kacang tanah, gula merah, dan minyak sayur. Rasanya yang manis membuat jipang kacang menjadi salah satu oleh-oleh Kebumen yang melegenda.

8. Lanting

Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dari Kebumen selain jipang kacang adalah lanting. Makanan khas Kebumen ini memiliki bentuk seperti angka delapan. Lanting dibuat dari singkong dan memiliki rasa yang gurih.

9. Emping

Makanan khas Kebumen selanjutnya adalah emping. Emping yang dibuat dari melinjo ini memiliki rasa yang gurih. Emping khas Kebumen menjadi salah satu kuliner yang paling banyak dicari oleh wisatawan.

10. Bengkoang

Tak hanya makanan olahan, Kebumen juga punya makanan segar yang sangat terkenal, yakni bengkoang. Bengkoang khas Kebumen memang sangat dikenal karena kesegaran dan kenikmatannya. Warnanya yang lebih putih dan rasanya juga lebih manis.

Itulah 10 makanan khas Kebumen yang selalu jadi primadona para pelancong. Beberapa diantaranya sudah semakin sulit ditemukan dan sudah menajdi tugas kita untuk tetap melestarikannya.