10 Makanan Khas Jogja yang Tahan Lama Cocok Untuk Oleh Oleh

959

Jogja merupakan salah satu kota tujuan wisata yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Keunikan dan keindahan wisata yang ditawarkan Jogja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendatang. Selain wisatanya yang menarik, Jogja juga memiliki banyak sekali kuliner yang selalu menjadi buruan para wisatawan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Berikut adalah beberapa makanan yang patut dibawa pulang dari Jogja karena kelezatan dan tahan lama :

  1. Bakpia

Bagi kamu yang seringa tau pernah berkunjung ke Jogja, pastinya membawa oleh-oleh yang satu ini, bukan? Ya, bakpia memang menjadi salah satu oleh-oleh khas Jogja yang selalu diburu para wisatawan. Bakpia adalah makanan yang terbuat dari kacang hijau yang dibalut tepung dan dipanggang.

sumber gambar: qlapa.com
  1. Yangko

Yangko adalah makanan kedua yang cukup popular di Jogja setelah bakpia. Yangko terbuat dari tepung ketan dan gula yang dicairkan. Saat ini yangko tersedia dalam berbagai rasa, seperti stroberi, durian, anggur, dan lain-lain.

sumber gambar: masakandapurku.com
  1. Geplak

Geplak adalah olahan makanan yang terbuat dari kelapa muda, gula, dan pewarna makanan. Geplak memilii berbagai varian rasa seperti rasa nangka, durian, coklat, atau vanilla.

sumber gambar: gudeg.net
  1. Gudeg

Kalau orang mendengar kata Jogja, pastinya akan teringat dengan gudeg. Ya, gudeg adalah salah satu ciri kota Jogja. Gudeg terbuat dari nangka muda yang biasanya diolah dengan dibungkus daun jati dan memiliki rasa yang manis. Untuk oleh-oleh lebih disarankan membeli gudeg kering yang lebih tahan lama.

sumber gambar: ksmtour.com
  1. Salak pondoh

Buah khas dari Jogja yang juga menjadi oleh-oleh bagi wisatawan adalah salak pondoh. Salak pondoh memiliki rasa yang manis dengan daging yang kering sehingga lebih renyah digigit.

sumber gambar: news.detik.com
  1. Coklat monggo

Ingin merasakan coklat Belgia tanpa harus ke Belgia? Di Jogja juga ada, lho. Namanya Coklat Monggo. Coklat Monggo adalah coklat premium yang terbuat dari biji coklat Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Coklat Monggo didirikan oleh seorang berkebangsaan Belgia sehingga ia tahu betul cara meracik coklat yang nikmat.

sumber gambar: jamelatour.co.id
  1. Tasuba

Tasuba atau tahu susu bakso adalah salah satu panganan yang kekinian di Jogja dan menjadi oleh-oleh incaran wisatawan. Tasuba mempunyai tekstur yang lebih padat dibandingkan tahu bakso lainnya. Tasuba juga tahan disimpan hingga 6 bulan lamanya.

sumber gambar: jogjafoodistimewa.blogspot.com
  1. Belalang goreng

Selain keindahan tempat wisatanya, Jogja juga dikenal dengan tempat kuliner ekstrimnya. Salah satunya adalah belalang goreng. Kamu bisa menemukan makanan ekstrim ini dengan mudah di Jogja.

sumber gambar: traveltodayindonesia.com
  1. Keripik belut

Makanan lain yang tahan lama untuk dibawa pulang dari Jogja adalah keripik belut. Keripik belut terbuat dari belut yang dibalur dengan tepung serta campuran bumbu seperti kemiri, ketumbar, dan bawang lalu digoreng hingga kriuk.

sumber gambar: santapjogja.com
  1. Peyek Mbok Tumpuk

Jika peyek pada umumnya berbentuk datar dan tipis, berbeda dengan peyek yang satu ini. Peyek ini berbentuk tidak beraturan dengan tumpukan kacang yang melimpah dan dijamin rasanya renyah. Tumpukan kacang yang melimpah karena perbandingannya dengan tepung adalah 2:1.

sumber gambar: jajanjogja.com