10 Makanan Khas Jepang di Musim Dingin yang Gak Ada di Indonesia

297

Berada di sebuah negara yang memiliki 4 musim pastinya sangat menyenangkan. Kita bisa merasakan musim yang tidak ada di Indonesia, begitu pula dengan kuliner khasnya yang disesuaikan sesuai dengan musim yang sedang berlangsung.

Musim dingin menjadi musim yang memiliki makanan khas Salah satu negara yang memiliki kuliner khas di musim dingin adalah Jepang. Berikut adalah beberapa makanan khas Jepang yang banyak diburu di musim dingin:

1. Yosenabe

Nabe merupakan salah satu makanan yang digemari di Jepang yang terbuat dari kedelai. Nabe biasanya disajikan dalam sebuah hot pot yang bisa diisi dengan berbagai jenis makanan. Sedangkan kata yosenabe sendiri memiliki makna ‘memasukkan semuanya’ yang berarti terdiri dari berbagai jenis masakan, seperti daging, tahu, telur, dan lainnya.

sumber gambar: hubjapan.io

2. Mizutaki

Mizutaki memiliki kemiripan dengan Yosenabe, hanya saja Mizutaki tidak terbuat dari kedelai atau miso seperti Yosenabe. Mizutaki merupakan makanan favorit musim dingin yang terdiri dari daging, sayur, dan kacang-kacangan yang dimasak dalam kuah kaldu. Mizutaki awalnya berasal dari Fukuoka dan semakin populer di Jepang.

Sumber gambar: hubjapan.io

3. Zosui

Makanan khas musim dingin di Jepang yang satu ini masih menggunakan hot pot. Zosui adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dituang dengan kuah kaldu hingga sekilas menjadi seperti bubur. Di dalamnya terdapat campuran jamur, ayam, sayur, dan lain-lain. Terkadang zosui juga dibuat dari sisa nabe dan ditambahkan dengan kuah kaldu untuk disajikan saat makan malam bersama keluarga.

Sumber gambar: hubjapan.io

4. Oden

Oden adalah makanan khas musim dingin yang terdiri dari telur, tahu, konyaku, lobak, dan chikuwa yang dimasak dengan menggunakan kuah kaldu khusus berbahan dasar kecap. Selain berisi berbagai jenis makanan yang lengkap, oden juga sangat mudah disajikan sehingga gampang ditemukan di mana saja.

Sumber gambar: hubjapan.io

5. Ramen

Ramen di musim dingin berbeda dengan ramen yang biasanya kamu jumpai. Begitu pula dengan tiap daerah di Jepang, mereka memiliki jenis ramen masing-masing. Namun pada umumnya, ramen disajikan dengan mi yang dicampur kuah kaldu disertai dengan campuran daging, sayur, tahu, dan telur.

Sumber gambar: hubjapan.io

6. Zoni

Sumber gambar: hubjapan.io

Pasti kamu kenal dengan kue mochi, bukan? Kue khas Jepang yang biasanya disajikan dalam bentuk kue manis ini ternyata menjadi berbeda di saat musim dingin tiba. Kue mochi yang terbuat dari beras ini disajikan dalam bentuk sup. Zoni terdiri dari kue mochi, wortel, talas, dan sayuran lainnya dalam semangkuk sup.

7. Yakiimo

Ubi jalar merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Jepang. Yakiimo atau ubi jalar biasanya lebih disukai disajikan dengan cara dibakar. Rasa manisnya sangat cocok untuk mengganjal perut yang lapar di musim dingin.

Sumber gambar: hubjapan.io

8. Yudofu

Yudofu adalah sajian tahu yang dicampur dengan kuah kaldu dan sayur-sayuran dalam sebuah hot pot.

Sumber gambar: www.panorama-jtb.com

9. Sukiyaki

Jepang memang sering menggunakan ikan sebagai lauk makanan, tapi jika kamu tidak menyukai ikan, kamu bisa mencoba sukiyaki yang berisi daging sapi, tahu, jamur shitake, jamur enoki, bawang, dan sayuran.

Sumber gambar: FeedYeti.com

10. Shabu-shabu

Shabu-shabu adalah daging tipis yang dimasak singkat dalam kuah kaldu yang mendidih. Shabu-shabu juga disajikan dengan sayuran, tahu, jamur, dan lainnya.

Sumber gambar: asianinspirations.com.au

Wah bikin ngiler kan?