10 Fakta Seru Perhelatan Besar Grammy Awards 2019

82

Perhelatan akbar bergengsi dunia, Grammy Awards 2019 ke-61 baru saja diselenggarakan pada 11 Februari di Staples Center pukul 8 pagi waktu Los Angeles. Acara penghargaan untuk mereka yang berkarya dalam industri musik tersebut sukses dilaksanakan dengan meriah bersama para musisi besar dari seluruh dunia.

Selama pelaksanakaan Grammy Awards, ada beberapa fakta seru yang menarik buat kita tahu loh. Apa saja ya? Yuk langsung aja kita simak!

1.Nominasi di dominasi oleh wanita

Pada tahun ini terdapat 31 musisi wanita yang pulang membawa piala gramophone Grammy Awards. Untuk kategori Best New Artist diraih oleh penyanyi cantik Dua Lipa serta kategori Best Rap Album diraih oleh Cardi B. 

Gak cuma musisi wanita yang berhasil meraih penghargaan, Grammy Awards juga banyak menghadirkan penampilan-penampilan apik yang didominasi oleh performer wanita. Di antaranya adalah Alicia Keys yang juga didapuk sebagai pemandu acara, Camilla Cabello, Miley Cyrus, Lady Gaga serta Dolly Parton.

2. Acara dipandu oleh Alicia Keys

Setelah dua tahun sebelumnya dipandu oleh James Cordon, kali ini di Grammy Awards ke-61 menghadirkan Alicia Keys sebagai pemandu acara. Bukan tanpa alasan, Keys dijadikan pembawa acara karena pada tahun sebelumnya Grammys sempat dikritik karena minimnya penampilan dari musisi perempuan.

3. Kehadiran Michelle Obama

Grammy Awards 2019 kemarin dikejutkan dengan penampilan dari istri mantan presiden Amerika Serikat Barack Obama yaitu Michelle Obama. Kehadirannya yang mengejutkan membuatnya tenggelam dalam riuh penonton.

4. Ariana Grande batal tampil

Penyanyi Ariana Grande mengalami perseteruan dengan produser Grammy Awards yaitu Ken Ehrlich. Awalnya Ken mengumumkan bahwa Ariana menolak tampil setelah melalui sejumlah perbincangan dengannya. 

Kemudian Ariana Grande membantah ucapan Ken dan menyebutnya sebagai pembohong. Ariana menyebutkan bahwa ia tidak tampil karena ia tidak diijinkan menyanyikan lagu-lagu yang akan ia bawakan juga kolaborasi yang ditawarkan.

5. Tiga musisi perarih nominasi terbanyak menolak tampil

Tiga musisi hiphop yang nerhasil masuk ke dalam nominasi Grammy Awards terbanyak tahun ini menolak tampil di acara tersebut. Mereka adalah Drake, Kendrick Lamar, dan Childish Gambino. Produser Grammy, Ken Ehrlich menyatakan bahwa mereka terus memiliki masalah dengan dunia hip-hop.

6. Tribute untuk Dolly Parton dan Aretha

Penghargaan diberikan kepada seorang legenda hidup yaitu Dolly Parton, dengan penampilan putri baptisnya yaitu Miley Cyrus yang membawakan lagu ‘Jolene’. Sementara itu, dipersembahkan pula sebuah penghormatan kepada legenda yang sudah meninggal, Aretha Franklin dengan penampilan trio Andra Day, Fantasia dan Yolanda Adams.

7. Topi menjadi aksesori paling populer

Para undangan Grammy Awards 2019 kemarin banyak yang datang dengan mengenakan aksesori berupa topi. Di antaranya adalah Billy Ray Cyrus, Janelle Monae, Jennifer Lopez, hingga Leon Bridges. Termasuk juga Alicia Keys selaku host Grammy Awards yang juga mengenakan topi ketika sedang memandu perhelatan akbar tersebut.

8. Musisi Asia masuk ke dalam nominasi

Beberapa nominasi diisi oleh nama musisi-musisi Asia, di antaranya adalah boygroup Korea Selatan BTS, Joey Alexander, Falguni Shah, Anoushka Shankar, dan Ravi Shankar.

9. BTS menjadi satu-satunya pembaca nominasi dari Asia

Boygroup populer Korea Selatan BTS kian melambungkan namanya dengan menjadi satu-satunya musisi Asia yang menjadi pembaca nominasi di Grammy Awards ke-61 kemarin. Hal ini menjadi pencapaian yang luar biasa bagi musisi Asia khususnya untuk dunia K-Pop. Selain itu, album BTS juga masuk menjadi nominasi meskipun belum berhasil membawa pulang penghargaan.

10. Gift bag yang dibagikan bernilai lebih dari Rp.421 juta

Gift bag yang dibagikan oleh perusahaan Distinctive Assets dimana didalamnya berisi sebuah karya seni dari Andrea Tratham, menginap gratis selama seminggu di The Golden Door di California, moisturizer dari Instytutum, lipstik dari Blush & Whimsy, serta berbagai alat kecantikan mewah lainnya.

Selain itu para selebritis juga akan mendapatkan hadiah fantastis lainnya berupa lolipop yang mengandung serpihan emas senilai 24 karat.