10 Cara Mengatur Keuangan Untuk Pasangan yang Mau Menikah

76
Sumber gambar: brilio.net

Di usia yang produktif dan masih muda seperti ini, biasanya kita akan lebih sering menghabiskan uang untuk gaya hidup atau pergaulan dibandingkan hal penting lainnya. Padahal di saat yang masih produktif inilah kita seharusnya menabung, terutama untuk pernikahan.

Di jaman sekarang, menikah bukanlah hal yang gratis. Ada saja biaya yang harus dikeluarkan untuk persiapan pernikahan. Jika kamu termasuk orang yang sulit menabung untuk menikah, berikut adalah beberapa cara agar bisa menabung untuk pernikahan impian kamu:

1. Kurangi nongkrong

Nongkrong bersama teman-teman emang menyenangkan tapi juga menghabiskan banyak biaya. Sebaiknya kurangi acara kongkow-kongkow yang tidak penting demi menabung untuk pernikahan.

2. Rekening tabungan

Ketika kamu mempunyai suatu tujuan, maka segera buka tabungan khusus untuk tujuan kamu tersebut. Buka rekening baru untuk tabungan menikah agar tabungan kamu tidak terganggu dengan pengeluaran lainnya.

3. Buat rencana anggaran

Salah satu hal penting dalam menabung untuk pernikahan adalah anggaran yang diperlukan. Kamu dan pasangan harus mengetahui biaya apa saja yang akan dikeluarkan nanti.

Meskipun biaya yang diperlukan ke depannya mungkin akan bertambah, setidaknya kamu bisa menaikkan anggaran sebesar 30% sehingga kemungkinan naiknya harga-harga dapat kamu antisipasi.

4. Diskusikan bersama

Rencana menikah hendaknya bukan hanya sekedar opini belaka, tapi juga kesadaran kedua pasangan untuk sama-sama menabung. Jika tabungan berasal dari dua orang tentu akan jauh lebih cepat terkumpul dibandingkan jika hanya satu orang saja yang menabung.

5. Berhemat

Bukan hanya sekedar mengurangi nongkrong, kamu juga harus menghindari berbagai sumber pos pemborosan lainnya. Misalnya saja biaya ke salon, biaya main game, dan biaya tidak penting lainnya.

Kamu akan menyadari bahwa pos yang tidak penting tersebut akan memberikan dana lebih pada tabungan pernikahan kamu.

6. Mencicil barang keperluan pernikahan

Selain menabung, kamu juga bisa mencicil setiap barang untuk pernikahan kamu mulai dari sekarang. Dengan begitu, biaya yang kamu perlukan untuk pernikahan tidak akan terlalu terasa berat karena sebagian besar barang telah kamu beli.

Barang yang bisa kamu cicil misalnya saja adalah hantaran pernikahan atau perabotan rumah. Kamu bisa membeli satu barang setiap bulannya untuk mencicil.

7. Kencan hemat

Bukan hanya berhemat untuk diri sendiri, ada baiknya jika kamu tidak lagi menghamburkan uang untuk kencan dengan pasangan. Berikan pengertian pada pasangan bahwa akan jauh lebih baik jika kalian berhemat saat kencan agar bisa lebih cepat menikah.

Ada banyak cara kencan hemat yang bisa kamu lakukan, mulai dari menonton DVD bersama di rumah, jalan-jalan di pantai, atau tempat asyik dan murah lainnya.

8. Selalu langsung sisihkan

Kebiasaan menabung yang paling sering dilakukan orang adalah menabung dengan sisa gaji, padahal seharusnya menabung itu harus disisihkan dari awal, bukan dari sisa gaji.

Kamu bisa menyisihkan sekitar 30% dari gaji untuk tabungan pernikahan kamu. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih tegas dalam menabung.

9. Bawa bekal ke kantor

Cara berhemat lainnya adalah dengan membawa bekal ke kantor. Kurangi jajan di luar rumah agar kamu bisa lebih berhemat demi menikah dengan sang pujaan hati.

10. Investasi

Selagi menunggu tabungan pernikahan cukup, kamu juga bisa berinvestasi agar tabungan kami semakin bertambah. Salah satu bentuk investasi yang paling diminati dan mudah cair adalah emas.