10 Cara Mengatasi Rasa Bosan di Tempat Kerja Paling Efektif

113

Siapa sih yang tidak pernah menemui masa-masa bosan ketika bekerja? Apalagi aktivitas tersebut telah dilakukan secara berulang-ulang setiap hari sehingga menimbulkan kesan monoton. Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menimbulkan rasa bosan tersebut. Namun, tinggal bagaimana cara Anda untuk mengontrol diri agar rasa bosan tersebut tidak merajai pikiran dan batin.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk mengatasi rasa bosan di tempat kerja? Bagi Anda yang tengah dilanda rasa bosan di tempat kerja, bacalah ulasan berikut ini untuk menemukan solusi atas masalah tersebut.

  1. Kenali dan Pahami Akar Kebosanan

Tahukah Anda, rasa bosan dapat ditimbulkan dari banyak faktor, seperti pekerjaan yang dihadapi, klien yang menyebalkan, hingga rekan kerja yang tidak bersahabat. Oleh karena itu, Anda harus mengenali terlebih dahulu faktor apa saja yang dapat menimbulkan rasa bosan tersebut.

  1. Minta Solusi Kepada ”Senior”

Sebenarnya, tidak ada istilah senior dan junior dalam sebuah lingkungan pekerjaan dikarenakan akan membawa dampak negatif. Namun, untuk mengatasi rasa bosan di tempat kerja, Anda dapat meminta solusi kepada rekan kerja yang lebih dahulu merasakan hal yang serupa dengan Anda.

  1. Bunuh Rasa Ketidaknyamanan

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan rekan kerja, Anda dapat mengurangi interaksi dengan orang tersebut. Jika hal tersebut tidak membuahkan hasil dikarenakan intensitas pertemuan yang tinggi, Anda dapat memberikan sugesti pada diri Anda mengenai hal-hal yang mampu memberikan kesan baik terhadap rekan tersebut.

  1. Maksimalkan Me Time

Bekerja membuat waktu siapapun terkuras secara maksimal. Terkadang hal tersebutlah yang membuat rasa bosan muncul hingga akhirnya menimbulkan dampak blockmindedness. Oleh karena itu, luangkanlah sedikit waktu untuk “menikmati hidup”. Ingatkan pada diri Anda bahwa Anda berhak mendapatkan sedikit kebebasan.

  1. Tata Kembali Niat Bekerja

Ketika rasa bosan menghampiri, ingatlah bahwa tujuan Anda bekerja adalah salah satu bentuk pengabdian diri kepada Tuhan. Tata ulang kembali niat bekerja tersebut untuk mengembalikan atmosfer positif pada diri Anda.

  1. Manfaatkan Jatah Cuti untuk Liburan

Setiap instansi pasti menyiapkan ”jatah cuti” untuk setiap karyawannya sehingga anda bisa memanfaatkan peluang ini sebagai momen untuk ”recharge energy”. Maksimalkanlah waktu liburan tersebut dan jangan sekali-kali menyentuh pekerjaan pada saat menikmati liburan.

  1. Tetaplah Berpikir Positif

Apapun yang terjadi di tempat kerja, pastikan Anda selalu memiliki pikiran positif akan hal tersebut. Tahukah Ada bahwa pikiran negatif hanya akan memperburuk keadaan.

  1. Cukupi Waktu Istirahat

Kesalahan orang-orang yang bekerja salah satunya adalah ”membunuh diri” dengan segudang aktivitas tanpa menyadari bahwa dirinya memiliki batasan tertentu akan sebuah kapasitas pekerjaan. Oleh karenanya, pastikan Anda mencukupi waktu istirahat secara maksimal.

  1. Jangan Sentuh Pekerjaan Ketika Sudah tidak Berada di Kantor

Meskipun terdapat beberapa pekerjaan yang tidak terselesaikan dengan baik di tempat kerja, bukan berarti Anda harus membawanya pulang dan menjadikannya sebagai pekerjaan rumah. Ingatlah bahwa Anda harus memaksimalkan pekerjaan di tempat kerja dan mengatur waktu sebaik mungkin agar pekerjaan tidak bercampur ke ranah pribadi, begitu pun sebaliknya.

  1. Ingatlah Masa-masa ”menyeramkan” Dimana Anda Menjadi Seorang Pengangguran

Ketika Anda merasa bosan dan memutuskan ingin berhenti dari pekerjaan Anda saat ini, ingatlah dahulu bagaimana keadaan Anda ketika menjadi seorang pengangguran. Bukankah hal tersebut merupakan masa-masa sulit bagi Anda yang sudah terbiasa dengan segudang rutinitas kantor di setiap harinya?

Itulah sepuluh tips yang dapat Anda lakukan untuk membunuh rasa bosan di tempat kerja. Kejenuhan merupakan cerminan manusiawi, namun yang harus Anda ingat adalah resign bukanlah jalan terbaik untuk mengatasi masalah tersebut.