10 Cara Melunasi Hutang Tanpa Masalah dan Cepat Lunas

98
informationvine.wordpress.com

Mempunyai hutang sepertinya memang sudah menjadi suatu hal yang biasa bagi setiap orang. Tapi melunasi hutang dengan cepat haruslah tetap dilaksanakan. Sayangnya, beberapa orang mengambil jalan pintas yakni dengan menggali lubang lain untuk menutupi lubang lama dan begitulah seterusnya. Sebenarnya ada beberapa cara melunasi hutang dengan cepat tanpa harus berhutang lagi, berikut adalah caranya:

  1. Utamakan untuk membayar utang dengan bunga yang tinggi

Jika kamu mempunyai beberapa hutang di tempat yang berbeda dengan bunga yang berbeda-beda pula, maka sebaiknya kamu memprioritas yang pertama adalah melakukan  pelunasan  hutang dengan bunga yang paling tinggi. Semakin cepat kamu melunasi hutang dengan bunga tinggi tersebut, semakin mudah kamu melunasi hutang lainnya.

  1. Catat pengeluaran

Dengan melakukan pencatatan pada  pengeluaran yang kamu lakukan, maka kamu akan dengan mudah menemukan pos pengeluaran mana yang sebenarnya tidak penting tapi justru menghabiskan banyak dana. Biaya yang hilang tanpa jejak pun dapat kamu temukan dengan mudah jika kamu melakukan pencatatan.

  1. Rencanakan anggaran pelunasan hutang

Buatlah anggaran atau rencana pelunasan hutang kamu agar kamu lebih disiplin dalam melunasi hutang. Dengan membuat anggaran, maka kamu akan lebih teratur dalam melakukan pembayaran hutang. Pastikan juga kamu menuliskan target tanggal pembayaran atau pelunasan hutang kamu.

  1. Cerdas Berbelanja

Jika kamu memang ingin melunasi hutang, maka sebaiknya kamu mulai melakukan belanja yang cerdas dan hemat. Ada baiknya jika kamu membeli barang-barang yang diskon dibandingkan dengan merek ternama. Begitu pula dengan membawa bekal makanan ke kantor agar kamu lebih hemat anggaran makan.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Kamu pastinya mempunyai bakat yang dapat kamu manfaatkan dalam memperoleh uang. Misalnya kamu pandai membuat kue, menulis cerita, atau keahlian lainnya. Kini ada banyak situs bagi pekerja lepas yang bisa membantu kamu dalam mendapatkan penghasilan lainnya.

  1. Pastikan Tidak Lebih Besar Pasak Daripada Tiang

Melunasi hutang berarti kamu harus mengikat tali pinggang lebih kencang. Kamu harus bisa membuat pengeluaran menjadi lebih sedikit dibandingkan pemasukan sehingga bisa mencicil pembayaran hutang.

  1. Jangan Tunda Pembayaran

Salah satu hal yang sering dilakukan orang-orang adalah menunda pembayaran hutang saat ia telah mempunyai uang yang cukup. Hal inilah yang akan menjadi lingkaran setan dalam hutang. Sebaiknya kamu segera melunasi hutang kamu segera setelah mempunyai dana yang cukup.

  1. Disiplin

Hal yang tersulit dalam melakukan pembayaran hutang adalah disiplin. Kebanyakan dari kita menyerah di tengah jalan atau menyerempet ke jalur lain sehingga hutang pun tidak lunas juga. Niatkan dalam hati bahwa kamu benar-benar ingin terbebas dari hutang dan ikutilah anggaran yang telah kamu buat sebelumnya.

  1. Jangan Terlalu Dipikirkan

Mempunyai hutang yang harus dibayar bukan berarti kamu harus memikirkannya setiap saat. Pertimbangkan bahwa kamu juga tetap memikirkan kesehatan kamu agar tetap bisa bekerja dengan baik untuk melunasi hutang. Beban pikiran yang terlalu banyak dapat menimbulkan masalah kesehatan.

  1. Dukungan Keluarga

Dukungan dari keluarga sangat diperlukan dalam melakukan pencapaian pelunasan hutang. Mintalah dukungan dengan mengajak mereka untuk berhemat sehingga hutang dapat dilunasi dengan cepat.