10 Aplikasi Edit Foto Instagram Terhits 2020, Yakin Nggak Mau Coba?

12

Zaman sekarang adalah sebuah keharusan untuk menghasilkan dan membagikan momen yang dikemas dalam foto-foto keren. Dan platform yang banyak digunakan untuk membagikan momen tersebut adalah media Instagram. Instagram menjadi jejaring sosial yang banyak disukai oleh generasi millenial hingga generasi Z.

Untuk memanjakan penggunanya, Instagram juga menyediakan berbagai fitur edit foto melalui aplikasi langsung. Namun, banyak para pengguna yang merasa kurang dan tidak sesuai dengan fitur edit langsung yang disediakan Instagram. Oleh karenanya banyak dari mereka mencari beberapa aplikasi edit foto yang bagus seperti profesional.

Beberapa aplikasi ini tentunya menyediakan fitur – fitur edit yang banyak dan bisa dipilih oleh pengguna. Semakin banyak alat pengeditan dan filter yang menarik, semakin membuat pengguna menjadi setia menggunakannya.

Berikut ini beberapa aplikasi edit foto Instagram yang menjadi aplikasi terpopuler dipakai oleh para Instagrammer. Simak selengkapnya dibawah ini.

  • Adobe Lightroom

Rekomendasi pertama adalah Adobe Lightroom. Adobe Lightroom memiliki beberapa fitur menonjol yang bisa dipilih pengguna. Beberapa alat pengeditan yang disediakan Adobe Lightroom menjadikan Adobe Lightroom sebagai aplikasi edit foto Instagram terbaik.

Dengan Adobe Lightroom, pengguna bisa mengatur beberapa hal yang dibutuhkan dalam foto. Seperti antara lain: Kontras, warna, temperatur, hingga pencahayaan. Selanjutnya, terdapat fitur mixer warna yang bisa digunakan pengguna untuk menghaluskan warna di dalam foto. Sehingga bisa membuat foto terlihat lebih menarik.

Fitur yang unggul lainnya adalah kemampuan Adobe Lightroom mengedit gambar versi RAW

  • VSCO

Rekomendasi aplikasi selanjutnya yaitu VSCO. VSCO merupakan aplikasi yang banyak diunduh setelah Adobe Lightroom. VSCO memiliki fitur – fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengedit secara profesional. Melalui aplikasi ini, pengguna busa mengedit dengan berbagai macam preset dan alat pengeditan yang disediakan oleh VSCO.

Untuk menggunakan fitur lengkap VSCO, pengguna disarankan untuk berlangganan aplikasi. Harga berlangganan yang ditawarkan VSCO cenderung terjangkau. Namun, bagi mereka yang mau menggunakan VSCO tanpa bayar, VSCO juga menyediakan aplikasi versi gratis.

  • Snapseed

Snapseed memiliki berbagai fitur pengeditan terbaik untuk membuat foto menjadi terlihat aesthetic. Snapseed memiliki banyak filter yang membuat pengguna bisa mengedit foto tanpa banyak usaha. Pengguna bisa memilih sesuai mood atau tema yang diinginkan dan diaplikasikan di dalam foto.

Snapseed juga memungkinkan pengguna untuk mengedit versi JPG dan RAW.  Dengan Snapseed, pengguna bisa menyesuaikan warna, kecerahan, saturasi, hingga eksposur untuk mendapatkan hasil foto yang sesuai.

  • Afterlight 2

Afterlight menyediakan berbagai fitur pengeditan yang mudah, terutama untuk mereka yang pemula. Fitur di dalam Afterlight 2 memiliki efek kedalaman praktis yang dapat digunakan. Dalam Afterlight 2 juga terdapat fitur tone, hue, clarify, hingga curves untuk memuat gambar menjadi lebih tajam. Terdapat pula berbagai font dengan desain yang unik untuk membuat foto lebih indah.

  • Prisma

Aplikasi selanjutnya yaitu Prisma. Prisma walaupun terbilang baru, namun kini menjadi populer di kalangan editor foto. Hal ini dikarenakan Prisma merupakan aplikasi edit foto yang sederhana dan mudah digunakan. Prisma menyajikan berbagai filter foto. Salah satu filter foto yang sering digunakan pengguna adalah Modern Art Filters

Prisma, selain bisa digunakan untuk edit foto, ternyata juga bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna lain secara online. Prisma juga memiliki fungsi untuk bergabung ke dalam komunitas editor foto lain yang menggunakan Prisma.

  • PicsArt

PicsArt termasuk aplikas foto tertua yang masih sering digunakan pengguna atau editor foto. PicsArt sendiri memiliki beragam preset dan filter yang membuat foto terlihat artistik. Beberapa fitur filter andalan PicsArt adalah filter bokeh, Pop-art, Sketch, dan banyak lagi.

Untuk yang menyukai menambahkan foto dengan caption, PicsArt menyediakan fitur yang memudahkan pengguna memasukan teks atau layer baru di dalam foto. PicsArt sendiri banyak digunakan pengguna untuk membuat poster, brosur, dan flyer digital.

Sama seperti VSCO, PicsArt menyediakan dua versi, gratis dan berlangganan. Tentunya dengan penawaran penggunaan fitur yang berbeda.

  • Canva

Aplikasi lainnya adalah Canva. Canva biasanya digunakan pengguna yang menyukai membuat tulisan didalam kata – kata. Atau istilah populernya adalah Microblog. Canva sejatinya merupakan aplikasi desain grafis. Penggunanya diberi kemudahan untuk mendesain beberapa foto menggunakan template. 

Yap, Canva memiliki fitur utama yang banyak disukai penggunanya karena banyaknya ketersediaan template yang beragam. Walaupun ada beberapa template yang berbayar, tetapi template gratis yang disediakan Canva sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan foto dengan kata menjadi menarik.

  • Phonto

Aplikasi selanjutnya yaitu Phonto. Phonto memiliki kemiripan dengan PicsArt. Dengan menggunakan Phonto, pengguna bisa mengedit kata – kata dan quote ke dalam foto. Namun yang menjadi keunggulan Phonto sendiri adalah bagaimana pengguna bisa menggunakan font yang diinginkan.

Cara mudahnya adalah pengguna bisa mengunduh font yang diinginkan di situs – situs penyedia font gratis. Kemudian menginstalnya di dalam Phonto. Dan font yang diinginkan siap dipakai.

  • Photo Lab Picture Editor

Selanjutnya adalah Photo Lab Picture Editor. Aplikasi ini menawarkan berbagai opsi menarik bagi pengguna dalam melakukan pengeditan. Fitur – fitur yang ditawarkan oleh Photo Lab Picture Editor adalah antara lain Kolase, Efek Filter, Bingkai, hingga Combine beberapa foto. Dan fitur – fitur tersebut bisa menghasilkan berbagai efek yang unik dan bagus.

  • Facetune

Aplikasi selanjutnya yaitu Facetune. Aplikasi ini cocok untuk pengguna yang menyukai selfie. Aplikasi Facetune mampu menyamarkan jerawat dan bekas luka yang ada di wajah. Dan menjadikan Facetune sebagai aplikasi terbaik untuk edit foto Instagram.

  • Tezza

Aplikasi selanjutnya yaitu Tezza. Tezza memang baru tahun ini booming. Tezza bisa membuat pengguna yang pertama kali pakai langsung jatuh cinta. Tezza memiliki fitur filter tone warna yang jarang ditemukan di aplikasi edit foto lainnya. Untuk penggemar warna vintage, Tezza sangat cocok digunakan untuk edit foto dengan nuansa klasik tersebut.

Nah, beberapa aplikasi di atas bisa menjadi rekomendasi untuk kamu yang ingin menggunakan aplikasi edit foto diluar dari yang disediakan Instagram. Sebenarnya masih banyak beberapa aplikasi edit foto lainnya yang bisa kamu gunakan seperti: Pixlr, Adobe Photoshop Express, Perfect365, 1998cam, dan lainnya sesuai seleramu. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.